Tujuh Fakta Unik Rusia

Tujuh Fakta Unik Rusia

Rusia sebagai salah satu negara yang memiliki pengaruh besar di dunia memiliki berbagai macam keunikan yang hanya dimilikinya. Berikut tujuh fakta unik dan menarik Rusia yang berhasil dirangkum oleh ruang bahasa:

  1. Negara Terluas

Peta Rusia

Negara Terluas

Rusia adalah negara terluas di Eropa dan dunia. Wilayah Rusia terbentang dari benua Eropa hingga Samudera Pasifik di timur. Sebagai negara terluas, Rusia berbatasan langsung dengan 16 negara, yaitu: Alaska (Amerika Serikat), Jepang, Korea Utara, RRC, Mongolia, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, Ukraina, Belarus, Latvia, Estonia, Lithuania, Polandia, Norwegia, dan Finlandia. Luas negara Rusia mencapai 17.075.200 km2. Luas tersebut adalah sepersembilan dari luas keseluruhan daratan di dunia dan bahkan melebihi luas dari salah satu planet dalam tata surya, yaitu Pluto. Bentangan alam yang luas ini membuat wilayah Rusia terbagi menjadi sembilan zona waktu. Bayangkan dalam satu negara yang sama terdapat dua wilayah yang memiliki perbedaan waktu selama delapan jam!

  1. Danau Terluas dan Terdalam

Pemandangan tepi danau Laut Kaspia

Danau Terluas dan Terdalam

Rusia memiliki danau terluas di dunia, yaitu danau Laut Kaspia. Danau ini disebut laut karena sangat luas dan terlihat seperti lautan. Selain itu, danau ini juga memiliki air asin layaknya laut. Danau Laut Kaspia memiliki luas 371.000 km2. Danau Laut Kaspia terletak di sebelah timur Pegunungan Kaukasus, di wilayah selatan Rusia. Kedalaman danau Laut Kaspia sendiri mencapai 170 m. Danau ini memiliki cadangan minyak bumi dan gas alam yang melimpah dan diperkirakan menyimpan cadangan minyak bumi dan gas alam terbesar ketiga di dunia. Danau Laut Kaspia juga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitarnya. Industri perikanan dan pariwisata tumbuh di sekitar Danau Laut Kaspia.

Selain danau terluas, Rusia juga memiliki danau terdalam di dunia. Danau tersebut adalah Danau Baikal. Danau Baikal terletak di sebelah selatan Siberia, tidak jauh dari Kota Irkutsk atau Ulan Ude. Danau ini memiliki kedalaman mencapai 1637 m dengan luas mencapai 31.500 km2. Dengan kedalamannya, Danau Baikal menyimpan seperlima dari keseluruhan cadangan air tawar di permukaan di dunia.

Baca juga : 7 Fakta dari film perang terkenal

  1. Masyarakat yang beragam

Kuil Buddha Ivolginsky

Masyarakat yang beragam

Rusia dengan wilayah yang terbentang dari benua Eropa hingga Asia ini memiliki masyarakat yang beragam secara etnis, bahasa dan agama. Banyak yang mengira bahwa Rusia hanya dihuni oleh etnis Rusia saja. Pada kenyataannya terdapat sekitar 160 etnis yang tinggal di Rusia. Etnis Rusia memang merupakan mayoritas dengan hampir 80% dari keseluruhan populasi. Sisanya disusul oleh etnis Tatar, Ukraina, Bashkir, dan Chuvash. Jadi, Rusia tidak hanya dihuni oleh etnis-etnis Slavik saja, tetapi juga oleh kelompok etnis Turk, seperti Tatar, Bashkir, Chuvash, dan Ingush dan terdapat juga kelompok-kelompok etnis lainnya. Keberagaman etnis di Rusia juga diikuti oleh keberagaman bahasanya. Terdapat sekitar 100 bahasa yang dituturkan oleh etnis-etnis di Rusia. Meskipun bahasa Rusia merupakan bahasa resmi, namun terdapat 35 bahasa yang diakui secara resmi oleh pemerintah daerah di Rusia.

Selain keberagaman etnis dan bahasa, Rusia juga memiliki beberapa agama yang dianut oleh masyarakatnya. Mayoritas orang Rusia memeluk agama Kristen Ortodoks. Kriten Ortodoks, Islam, Buddha, dan Paganisme diakui dalam hukum Rusia sebagai agama-agama tradisional di Rusia. Islam di Rusia tersebar di barat daya Rusia, di sekitar Pegunungan Kaukasus. Sementara itu, penganut Buddha di Rusia tersebar di republik-republik yang berbatasan dengan Mongolia, yaitu Republik Buryatia, Tuva, dan Kalmykia. Agama-agama pagan yang terdapat di Rusia, seperti Rodnovery, Assianisme, Roerichisme, dan Anastasianisme.

  1. Suhu Terdingin

Monumen di Oymyakon, Rusia

Suhu Terdingin

Wilayah Rusia memiliki iklim dingin yang sangat ekstrem. Kota dengan suhu terdingin terdapat di Oymyakon, Rusia. Oymyakon terletak di tepi Sungai Indigirka, Republik Sakha. Oymyakon adalah kota kecil dengan penduduk yang hanya sekitar seribu jiwa. Suhu di Oymyakon hampir selalu berada di bawah titik beku. Suhu terdingin yang pernah tercatat disini adalah -67.7 derajat Celcius. Suhu tersebut tercatat pada tanggal 6 Februari 1933 dan menjadi rekor kota terdingin di dunia. Tujuh Fakta Unik Rusia

  1. Senjata Nuklir Terbanyak

Peta yang menunjukan jumlah senjata nuklir yang dimiliki negara-negara di dunia

Senjata Nuklir Terbanyak

Rusia sebagai salah satu negara dengan militer dan persenjataan kuat di dunia memiliki banyak senjata nuklir. Dalam deklarasi New START pada bulan Maret 2019, Rusia menyatakan memiliki 1461 buah senjata nuklir. Namun, beberapa lembaga memeprkirakan bahwa Rusia memiliki senjata nuklir yang jauh lebih banyak daripada yang disebutkan dalam deklarasi tersebut. Menurut Arms Control Association, Rusia memiliki 6490 buah senjata nuklir. Jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara negara-negara pemilik senjata nuklir lainnya.

  1. Jalur Kereta Terpanjang

Peta jalur kereta Trans-Siberia

Jalur Kereta Terpanjang

Rusia memiliki jalur kereta terpanjang di dunia, yaitu jalur kereta Trans-Siberia. Jalur kereta ini memiliki panjang mencapai 9290 km yang terbentang dari Moskow hingga Vladivostok. Pembangunan jalur kereta Trans-Siberia dimulai pada masa kekuasaan Tsar Nikolai II pada tahun 1891. Pembangunan jalur kereta ini kemudian selesai pada tahun 1916 dan berhasil menghubungkan wilayah barat Rusia dengan wilayah timur jauhnya. Selain menghubungkan antarwilayah di Rusia, jalur kereta ini juga kemudian menghubungkan Rusia dengan beberapa negara di sekitarnya, yaitu Korea Utara, Cina, dan Mongolia. Tujuh Fakta Unik Rusia

  1. Satelit Pertama

Replika Satelit Sputnik I

Satelit Pertama

Pada masa Perang Dingin, khususnya pada saat perlombaan ruang angkasa, Uni Soviet (Rusia) berhasil menjadi negara pertama yang meluncurkan satelit buatan. Satelit tersebut adalah Sputnik I yang diluncurkan pada tahun 1957. Peluncuran Satelit Sputnik I bertujuan untuk mempelajari atmosfer bumi. Selain meluncurkan satelit pertama, Rusia (Uni Soviet) juga merupakan negara yang pertama kali mengirimkan orang ke luar angkasa, yaitu Yuri Gagarin.

Sumber:

https://geology.com/world/russia-satellite-image.shtml

https://en.wikipedia.org/wiki/Sputnik_1

https://realrussia.co.uk/Trains/Trans-Siberian

http://www.somerikko.net/travel/oymyakon.html

https://www.armscontrol.org/factsheets/Nuclearweaponswhohaswhat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *