Sepuluh Bahasa Tertua di Dunia

Sepuluh Bahasa Tertua di Dunia

  1. Bahasa Mesir

Gereja Koptik Mesir masih menggunakan bahasa Mesir dalam kepentingan peribadatan

Bahasa Mesir

Sumber: https://www.middleeasteye.net/opinion/how-bishops-murder-could-change-egypts-coptic-church

Bangsa Mesir yang terkenal merupakan salah satu bangsa dengan peradaban tertua di dunia memiliki bahasa yang sudah berumur ribuan tahun. Bahasa Mesir diperkirakan sudah ada sejak 5000 tahun lamanya. Jejak tulisan bahasa Mesir yang tertua berasal dari sebuah inkripsi dalam bahasa Mesir dengan huruf hieroglif kuno yang diperkirakan berasal dari 3000 tahun Sebelum Masehi. Bahasa Mesir masuk ke dalam rumpun bahasa Afro-Asiatik. Saat ini, bahasa Mesir tidak lagi menjadi bahasa yang digunakan orang-orang Mesir sehari-hari sejak abad ke-11. Bahasa ini hanya digunakan oleh para pemuka agama Gereja Koptik Mesir untuk keperluan peribadatan.

  1. Bahasa Yunani

Bahasa Yunani

Linear B Script, aksara yang digunakan peradaban Mycenea Kuno yang merupakan asal usul dari bahasa Yunani.

Bangsa Yunani yang juga merupakan salah satu asal dari peradaban tertua dan tempat kelahiran demokrasi memiliki bahasa yang telah bertahan selama ratusan tahun. Bahasa Yunani diperkirakan telah ada sejak 3000 tahun Sebelum Masehi. Tulisan tertua yang menggunakan bahasa Yunani Kuno yang telah ditemukan berasal dari Linear B Script yang diperkirakan berasal dari tahun 1450 SM. Bahasa Yunani menggunakan alphabet yang diadaptasi dari alfabet Funisia, sebuah bangsa di Laut Tengah yang telah punah. Bahasa Yunani Modern yang digunakan saat ini adalah turunan dari bahasa Yunani Kuno yang telah berevolusi sejak abad ke-11. Saat ini, bahasa Yunani masih dituturkan oleh 15 juta orang dan menjadi bahasa resmi di Yunani dan Siprus.

  1. Bahasa Cina

Sebuah tulisan dalam bahasa Cina Kuno yang ditemukan di situs arkeologi Yanxu

Bahasa Cina

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Shang_dynasty_inscribed_scapula.jpg

Salah satu peradaban tertua di Asia, Cina merupakan asal dari salah satu bahasa tertua di dunia. Bahasa Cina Kuno diperkirakan memiliki umur yang sama dengan bahasa Yunani, berasal sejak 3000 tahun Sebelum Masehi. Catatan tertua dengan bahasa Cina Kuno yang telah ditemukan berasal dari situs arkeologi di kota kuno Yanxu yang diperkirakan berasal dari tahun 1250 Sebelum Masehi. Bahasa Cina Modern berevolusi dari bahasa Cina Kuno sejak abad ke-11. Saat ini, bahasa Cina menjadi bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia dengan kurang lebih sebanyak 1.3 milyar penutur ibu dan merupakan bahasa resmi di RRC dan Taiwan. Selain itu, bahasa Cina juga dituturkan oleh diaspora Cina yang tersebar di seluruh dunia.

  1. Bahasa Aramaik

Sebuah teks yang ditulis dalam bahasa Aramaik

Bahasa Aramaik

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Syriac_Sert%C3%A2_book_script.jpg

Bahasa Aramaik masuk ke dalam rumpun bahasa Afro-Asiatik. Bahasa ini digunakan di Mesopotamia pada masa peradaban kuno Assyria. Bahasa Aramaik diperkirakan telah berumur 3000 tahun. Jejak sejarah pertama bahasa ini berasal dari sebuah inkripsi dari tahun 1000 Sebelum Masehi. Pada masanya, Bahasa Aramaik menjadi lingua-franca bagi bangsa-bangsa di Timur Tengah. Oleh karena itu, Bahasa Aramaik menyumbangkan banyak kosakata bagi bahasa Ibrani dan Arab. Sebelum munculnya agama Kristen, bahasa Aramaik biasa digunakan oleh orang-orang Yahudi dan menjadi bahasa yang digunakan oleh Yesus Kristus. Saat ini, bahasa Aramaik terancam punah. Hanya terdapat sedikit penutur yang masih tersisa, khususnya di Irak, dan Suriah. Diperkirakan terdapat 500.000 hingga satu juta orang yang masih menuturkan bahasa Aramaik.

  1. Bahasa Ibrani

Papan penunjuk di Israel dalam bahasa Ibrani, Arab, dan Inggris.

Bahasa Ibrani

Sumber: https://mondoweiss.net/2017/05/netanyahu-advances-official/

Bahasa Ibrani merupakan salah satu bahasa yang masuk ke dalam rumpun bahasa Afro-Asiatik.  Bahasa Ibrani diperkirakan berasal dari 3000 tahun yang lalu. Bahasa Ibrani dikenal sebagai bahasa suci karena merupakan bahasa yang digunakan untuk kitab suci. Pada sekitar abad ke-4, bahasa Ibrani tidak lagi digunakan untuk kepentingan sehari-hari dan hanya digunakan untuk kepentingan peribadatan. Pada akhir abad ke-19 dengan munculnya gerakan zionisme, orang-orang Yahudi kembali menggunakan bahasa Ibrani dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi awal dari bahasa Ibrani Modern yang mendapat banyak pengaruh dari bahasa lainnya. Setelah berdirinya negara Israel pada tahun 1948, bahasa Ibrani menjadi bahasa resmi negara dan penggunaannya semakin meluas. Saat ini, bahasa Ibrani dituturkan oleh sekitar enam juta orang di seluruh dunia.

  1. Bahasa Latin

Kekaisaran Romawi pada masa kejayaannya

Bahasa Latin

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Roman_Empire_Trajan_117AD.png

Bahasa Latin yang saat itu merupakan bahasa Latin Kuno diperkirakan telah ada sejak abad ke-7 Sebelum Masehi. Bahasa Latin merupakan salah satu bahasa yang masuk ke dalam rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahasa ini memiliki kedekatan dengan bahasa Yunani, Jermanik dan bahasa Keltik yang juga masuk ke dalam rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahasa Latin dahulu digunakan oleh Kekaisaran Romawi yang terbentang di benua Eropa. Bahasa Latin menjadi induk dari bahasa Italia, bahasa Spanyol, dan bahasa Portugis. Saat ini, bahasa Latin tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Latin hanya digunakan untuk kepentingan peribadatan bagi umat Katolik yang berpusat di Vatikan. Selain itu, bahasa Latin juga dipelajari oleh orang-orang yang ingin menjaga agar bahasa Latin tetap hidup.

  1. Bahasa Farsi

Tanda berhenti dalam bahasa Farsi

Bahasa Farsi

Sumber: https://www.flickr.com/photos/neumeyer/8115610227

Bahasa Farsi atau juga dikenal sebagai bahasa Persia diperkirakan telah ada sejak masa Kekaisaran Achaemenid di Persia sekitar abad ke-6 Sebelum Masehi yang dilihat dari Inkripsi Bahistun. Bahasa Farsi masuk ke dalam rumpun bahasa Indo-Eropa dan bahasa Farsi Kuno memiliki kedekatan dengan bahasa Sanskerta. Bahasa Farsi Modern mulai berkembang sejak abad ke-9 Masehi dengan menggunakan huruf Perso-Arab (Sebuah abjad hasil pengembangan dari abjad Arab). Saat ini, bahasa Farsi merupakan bahasa resmi di Iran dan dituturkan oleh sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. Sepuluh Bahasa Tertua di Dunia

  1. Bahasa Sansekerta

Kitab Rigveda yang ditulis dalam bahasa Sansekerta

Bahasa Sansekerta

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Rigveda_MS2097.jpg

Bahasa Sansekerta merupakan salah satu dari bahasa Indo-Eropa, cabang dari sub-rumpun Indo-Iran. Bahasa Sansekerta diperkirakan telah ada sejak munculnya tata bahasa Panini pada abad ke-4 Sebelum Masehi. Bahkan ada yang memperkirakan bahwa bahasa Sansekerta sudah berumur lima ribu tahun, seperti bahasa Koptik Mesir. Bahasa Sansekerta ditulis dengan abjad Devanagari. Bahasa Sansekerta juga digunakan dalam kitab-kitab agama Hindu, seperti kitab Rigveda. Bahasa Sansekerta pada masa lalu merupakan bahasa utama di wilayah India dan Asia Tenggara. Saat ini, bahasa Sansekerta merupakan salah satu dari bahasa resmi di India. Namun, menurut sensus, bahasa ini hanya dituturkan oleh sekitar 14.000 orang saja saat ini.

Baca juga : Empat Negara yang Bubar Setelah Perang Dingin Berakhir

  1. Bahasa Tamil

Surat Kabar yang menggunakan bahasa Tamil

Bahasa Tamil

Sumber: https://www.thequint.com/elections/tamil-nadu-elections-newspaper-headlines

Bahasa Tamil merupakan salah satu rumpun bahasa Dravidia. Bahasa Tamil diperkirakan telah ada sejak 2500 tahun yang lalu. Pada tahun 2004, arkeolog berhasil menemukan inkripsi dengan bahasa Tamil yang berasal dari sekitar abad ke-5 Sebelum Masehi. Bahasa Tamil dituturkan di wilayah selatan India dan Sri Lanka. Bahasa Tamil juga dituturkan oleh diaspora Tamil yang banyak tersebar di Malaysia, Singapura, Mauritius, dan Afrika Selatan. Saat ini, bahasa Tamil merupakan salah satu bahasa resmi di India, Sri Lanka, dan Singapura dengan jumlah penutur mencapai kurang lebih 80 juta jiwa. Sepuluh Bahasa Tertua di Dunia

  1. Bahasa Arab

Kaligrafi, seni menulis dalam bahasa Arab

Bahasa Arab

Sumber: https://www.123rf.com/photo_102094427_stock-vector-arabic-calligraphy-of-the-traditional-islamic-art-of-the-basmala-for-example-ramadan-and-other-festi.html

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Semitik dan masuk ke dalam rumpun bahasa Afro-Asiatik. Bahasa Arab memiliki kedekatan dengan bahasa Ibrani dan Amharik yang juga merupakan bahasa Semitik. Bahasa Arab telah ada sejak abad ke-4 Masehi dilihat dari Inkripsi Namara yang ditemukan pada tahun 1901. Namun, bahasa Arab diperkirakan telah ada jauh lebih lama lagi, yaitu pada abad ke-9 Sebelum Masehi. Bahasa Arab Modern berkembang sejak diturunkannya Al-Quran pada Nabi Muhammad. Perkembangan agama Islam yang pesat kemudian diikuti oleh penyaberan bahasa Arab di Timur Tengah. Bahasa Arab merupakan satu-satunya bahasa Semitik yang dituturkan secara luas di berbagai negara.  Bahasa Arab merupakan bahasa resmi di 28 negara dan salah satu bahasa resmi di PBB. Bahasa Arab dituturkan oleh sekitar 310 juta orang di seluruh dunia. Selain itu, bahasa Arab juga digunakan dalam keperluan ibadah agama Islam.

Baca juga : Antartika, Benua Terkering di Dunia

2 thoughts on “Sepuluh Bahasa Tertua di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *