Sepuluh Pusat Kebudayaan Asing, Tempat Les Terdekat di Jakarta

Sepuluh Pusat Kebudayaan Asing, Tempat Les Terdekat di Jakarta

Pusat kebudayaan adalah sebuah tempat yang mempromosikan kebudayaan suatu negara. Pusat kebudayaan biasanya menyediakan berbagai macam fasilitas dan juga tempat les bahasa untuk masyarakat umum.

  1. Atamerica

Atamerica

Atamerica di Pacific Place

Atamerica adalah pusat kebudayaan Amerika yang terletak di kawasan Pacific Place, Kuningan, Jakarta Selatan. Pusat kedayaan Atamerica memiliki tujuan untuk mempromosikan kebudayaan dan pendidikan Amerika Serikat di Indonesia. Atamerica buka setiap hari untuk masyarakat umum mulai dari pukul 13.00-21.00 WIB (Hari Sabtu buka mulai pukul 10). Setiap harinya, diadakan berbagai kegiatan, mulai dari konser musik, pemutaran film, seminar, hingga lokakarya dengan berbagai macam tema. Tema-tema yang dibahas, mulai dari pendidikan, seni, teknologi, hingga tema kewirausahaan. Selain itu, Atamerica juga sering mengadakan seminar yang membahas studi di Amerika Serikat. Fasilitas yang disediakan oleh pusat kebudayaan ini cukup lengkap, yaitu: ruang auditorium, jaringan internet gratis, dan terdapat juga mesin Google Earth besar. Selain itu, pengunjung juga dapat meminjam iPad secara gratis loh!

  1. IFI

IFI

Logo IFI

Institut Français d’Indonésie atau biasa dikenal dengan nama IFI adalah pusat kebudayaan  Perancis di yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Selain di  Jakarta, IFI juga terdapat di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Institut Français d’Indonésie memiliki tujuan untuk mempromosikan bahasa dan kebudayaan Perancis di Indonesia dengan mendukung mendukung kebebasan berekspresi dan keberagaman dalam konteks globalisasi. Setiap harinya, dilaksanakan berbagai kegiatan di IFI, seperti pemutaran film, konser musik, kelas memasak, seminar, dan berbagai macam acara lainnya. Selain melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, IFI juga mengadakan kursus bahasa Perancis yang tersertifikasi.

  1. Goethe Institut

Goethe Institut

Logo Goethe Institut

Goethe Institut adalah jaringan pusat kebudayaan Jerman yang terletak di jalan Sam Ratulangi, Jakarta Pusat. Goethe Institut memiliki tujuan untuk mempromosikan bahasa dan kebudayaan Jerman untuk memperkuat hubungan bilateral antar dua negara. Goethe Institut buka dari hari Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB. Selain di Jakarta, Goethe Institut juga memiliki cabang di Bandung dan Surabaya. Goethe Institut memberikan fasilitas, seperti auditorium, perpustakaan, dan ruang kelas untuk kursus bahasa Jerman. Selain mengadakan kursus bahasa, Goethe Institut juga mengadakan berbagai macam kegiatan setiap harinya, mulai dari konser musik, seminar, lokakarya, pemutaran film, dan berbagai kegiatan lain yang mempromosikan kebudayaan Jerman.

Baca juga : Sejarah Persaingan Surat Kabar

  1. Erasmus Huis

Erasmus Huis

Perpusatakaan Erasmus Huis

Erasmus Huis adalah pusat kebudayaan Belanda yang terletak di dalam kompleks Kedutaan Belanda, Kuningan, Jakarta Selatan. Erasmus Huis memiliki tujuan untuk menjadi tempat pertukaran pikiran dan kebudayaan antara Indonesia dan  Belanda. Pusat kebudayaan ini buka setiap hari Senin-Jumat, pukul 09.00-16.00 WIB. Erasmus Huis memiliki berbagai macam fasilitas, seperti ruang auditorium, dan perpustakaan. Koleksi perpustakaan Erasmus Huis cukup lengkap dengan jumlah koleksi mencapai 22000 buku. Erasmus Huis biasa mengadakan berbagai kegiatan yeng berhubungan dengan kesenian, dan pendidikan di Belanda. Selain melaksanakan kegiatan kebudayaan, Erasmus Huis melalui Erasmus Training Center juga mengadakan kursus bahasa Belanda.

  1. British Council

British Council

British Council

British Council adalah pusat kebudayaan Inggris yang terletak di Kuningan, Jakarta Selatan. British Council mengadakan berbagai macam kegiatan kebudayaan dan pendidikan untuk mempromosikan pendidikan Inggris di Indonesia. Selain itu, British Council juga merupakan salah satu tempat untuk mengikuti tes IELTS resmi.

  1. Japan Foundation

Japan Foundation

Japan Foundation

Japan Foundation adalah pusat kebudayaan Jepang yang terletak di Jakarta. Japan Foundation bertujuan untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan yang berkonstribusi untuk pertukaran kebudayaan antara Indonesia dan Jepang. Japan Foundation buka setiap hari Senin-Jumat, pukul 09.00-16.00 WIB. Japan Foundation memiliki auditorium dan perpustakaan dengan 19000 jumlah koleksi. Koleksi perpustakaan tersebut hanya bisa dipinjam oleh anggota perpustakaan. Pusat Kebudayaan Jepang ini biasa mengadakan ceramah, pameran, pemutaran film, kursus upacara minum teh dan merangkai bunga, dan juga kursus bahasa Jepang.

  1. Korean Cultural Center

Korean Cultural Center

Logo Korean Cultural Center

Korean Cultural Center adalah pusat kebudayaan Korea di Jakarta. Pusat kebudayaan ini memiliki visi untuk Memperkenalkan dan menyebarkan kebudayaan Korea di Indonesia, meningkatkan persahabatan antara kedua negara melalui pertukaran kebudayaan dan sumber daya manusia, serta meningkatkan pemahaman antar dua negara. Korean Cultural Center buka setiap hari, kecuali hari Minggu. Pusat kebudayaan ini biasa mengadakan seminar, dan pemutaran film. Selain itu, pusat kebudayaan ini juga mengadakan kursus bahasa Korea. Tempat Les Terdekat di Jakarta

  1. Istituto Italiano di Cultura

Istituto Italiano di Cultura

Istituto Italiano di Cultura

Istituto Italiano di Cultura adalah pusat kebudayaan Italia yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pusat kebudayaan Italia ini memiliki tujuan untuk mempromosikan kebudayaan Italia di Indonesia dan sebagai tempat pertukaran budaya antara Indonesia dan Italia. Berbagai macam kegiatan setiap harinya diadakan di pusat kebudayaan ini, mulai dari seminar, pemutaran film, hingga konser music. Selain itu, Istituto Italiano di Cultura juga mengadakan kursus bahasa Italia dan mengdakan ujian bahasa Italia bersertifikat.

  1. Pusat Kebudayaan Rusia

Pusat Kebudayaan Rusia

Pusat Kebudayaan Rusia

Pusat kebudayaan Rusia terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pusat kebudayaan Rusia menawarkan kursus bahasa Rusia dengan penutur asli. Selain mengadakan kursus bahasa, pusat kebudayaan Rusia juga biasa mengadakan kegiatan-kegiatan, seperti konser musik, perayaan Hari Kemenangan, perayaan hari Pushkin, dan berbagai macam kegiatan lainnya. Tempat Les Terdekat di Jakarta

  1. Instituto Nebrija Jakarta

Instituto Nebrija Jakarta

Perayaan Ulang Tahun Instituto Nebrija Jakarta

Instituto Nebrija Jakarta adalah lembaga yang menawarkan kursus bahasa Spanyol di Jakarta. Lembaga ini baru berdiri pada tahun 2018 lalu dan saat ini hanya fokus dalam mengadakan kursus bahasa Spanyol saja. Meski begitu, Instituto Nebrija Jakarta juga turut serta dalam acara-acara yang mempromosikan kebudayaan Spanyol di Jakarta.

Sumber:

https://www.beritasatu.com/nasional/561974/nebrija-jadi-titik-temu-budaya-hispanik-dan-indonesia

http://studirusia.com/gallery/pusat-kebudayaan-rusia-indonesia/

https://lifestyle.bisnis.com/read/20171208/230/716328/istituto-italiano-di-cultura-gelar-pameran-karya-michela-cavagna

http://phil.korean-culture.org/KO/625/board/28/read/77341

https://www.fun-japan.jp/id/articles/3154

https://www.britishcouncilfoundation.id/en/english/schools

https://nowjakarta.co.id/art-and-culture/culture/inside-the-recently-renovated-erasmus-huis

http://www.kerja-ngo.com/2016/07/goethe-institut-indonesian-job-vacancy.html

https://www.ifi-id.com/id

https://www.tribunnews.com/travel/2015/06/07/pertunjukan-musik-gratis-america-di-mall-pacific-place-jakarta-plus-info-kuliah-di-negeri-obama?page=2

One thought on “Sepuluh Pusat Kebudayaan Asing, Tempat Les Terdekat di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *