7 Tips mempelajari bahasa baru

7 Tips mempelajari bahasa baru

Mempunyai kemampuan dari dua bahasa atau lebih merupakan suatu hal yang luar biasa. Mempelajari bahasa lainnya dapat membuat kamu lebih kompetitif dalam bursa kerja. Tidak hanya itu, sains juga telah membuktikan bahwa menguasai dua bahasa dapat meningkatkan kemampuan otak kamu dan menjaganya dari kerusakan fungsi otak.

Mempelajari suatu bahasa pada dasarnya memiliki tantangan yang luar biasa besar. Akan tetapi ketika kamu telah berhasil memecahkan tantangan tersebut, kamu akan mendapatkan kepuasan yang luar biasa. Buat kamu yang lagi punya tekad kuat buat nguasain suatu bahasa, ada beberapa tips penting yang mesti kamu perhatiin supaya belajar bahasa baru kamu menjadi semakin lebih mudah.

  1. Kamu harus tau kenapa kamu mau belajar bahasa tersebut

 

Mempelajari suatu bahasa bukanlah suatu perkara mudah semudah membalikan telapak tangan. Beberapa bahasa kemungkinkan besar menuntut seseorang untuk menghabiskan waktu sekitar 2700 jam agar mampu mencapai tingkatan mahir dalam bahasa tersebut. Meskipun bahasa-bahasa dunia yang lebih dikenal mudah untuk dipelajari seperti Jerman atau Perancis, membutuhkan waktu minimun 720 jam untuk dapat menguasainya. Dengan durasi waktu yang begitu lama tersebut, tidak ada hal lain yang dapat membuat kamu bertahan selain adanya motivasi yang kuat untuk mempelajarinya.

Motivasi untuk mempelajari suatu bahasa tentunya berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Karenanya kamu harus bisa menemukan motivasi yang paling utama dan penting bagi kamu untuk mempelajari suatu bahasa. Kamu ngak bisa hanya mengandalkan keingintahuan atau kegaguman untuk mempelajari suatu bahasa jika kamu ingin menguasai bahasa tersebut sampai tahapan mahir.

 

  1. Pelajari kata-kata utama terlebih dahulu.

 

Tidak ada orang yang mampu menghafal setiap kata di dalam suatu bahasa. Karenanya, dalam setiap bahasa pasti ditemukan beberapa kosa kata utama yang hampir dapat ditemukan dalam setiap pecakapan yang umum dibicarakan tiap harinya. Dalam bahasa Inggris misalnya, 90 persen dari tulisan-tulisan yang ada hanya memuat sekitar 4000 kata dimana 300.000 kata lainnya hanya mencakup 10 persen dari kesuluruhan tulisan-tulisan yang dimuat dalam bahasa Inggris.

Maka, pelajarilah kosa kata utama yang ada dalam bahasa yang kamu pelajari. Dengan menekankan pada hal tersebut, kamu dengan cepat dapat mencapai tingkatan kemampuan dimana kamu dapat dengan mudah melakukan percakapan dasar. Menguasai sebuah percakapan dasar adalah hal penting untuk tetap dapat menjaga kamu termotivasi untuk mencapai tingkatan selanjutnya. Buat kamu yang ingin mencari kosa kata utama, sekarang sudah banyak beredar kamus yang merangkum kosa kata utama tersebu dengan judul seperti “my 1000 first word” dan judul lain semisal.

 

  1. Praktekan bahasa tersebut!

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mempelajari suatu bahasa sampai mencapai tingkat mahir dapat menghabiskan waktu kurang lebih 2760 jam. Kalau kamu mengalokasikan waktu kamu kurang lebih dua jam tiap harinya dan lima hari setiap minggunya, berati kamu membutuhkan total waktu kurang lebih lima tahun.

Karenanya, penting banget buat kamu untuk selalu mempraktekan bahasa yang udah kamu pelajari secara rutin. Kamu ngak bisa hanya mempraktekanya di satu hari dan berhenti di tiga hari lainnya. Mengapa? Karena pengetahuan yang kamu pelajari di satu hari tertentu akan membusuk atau menghilang di beberapa waktu kemudian. Kamu harus bisa mengatur waktu yang rutin untuk praktek dan kamu harus bener-bener komitmen terhadap jadwal yang kamu buat itu. Kalau kamu udah berhasil membuat sebuah pembelajaran bahasa yang bersifat ruting, sejatinya kamu sudah selangkah memenangkan pertarungan

 

  1. Tontonlah media-media berbahasa asing

 

Kebanyakan orang menggunakan bahasa buku ketika mempelajari suatu bahasa dari tingkat awal ke menengah dengan berfokus pada tata bahasa dan kata. Tapi sayangnya hal ini tidak terlalu efektif. Buku buku tersebut pada dasarnya hanya mengajari gaya bahasa yang formal dari suatu bahasa. Akhirnya, ketika kamu berbicara dengan gaya bahasa buku yang formal tersebut kamu akan terlihat aneh di depan penutur asli bahasa tersebut

Oleh karena itu kamu juga harus mengimbangi pelajaran buku teks kamu dengan materi materi yang lebih bersifat informal. Media berbahasa asing adalah media terbaik untuk dapat menguasai bahasa secara lebih efektif. Meskipun pada awalnya kamu tidak mengerti apa yang diucapkan, menganalisa nada dan mulut si penutur akan membantu kamu memahami bahasaanya.

 

  1. Jangan takut salah

Setiap orang mungkin percaya bahwa anak kecil lebih cepat untuk mempelajari suatu bahasa dibandingkan orang dewasa. Akan tetapi, hasil penelitian dari sebuah jurnal bahasa menyebutkan bahwa waktu dimana sebuah bahasa kedua mulai dipelajari oleh seseorang tidak menjadi faktor yang signifikan baginya untuk dapat menguasainya.

Lalu kenapa anak kecil itu lebih mudah untuk mempelajari suatu bahasa? Satu alasan terpenting bukanlah karena faktor umur mereka tetapi karena anak kecil tidak akan pernah malu ketika melakukan suatu kesalahan dalam bahasa yang diucapkan. Sebaliknya, orang dewasa cenderung berpikir akan kesalahan gramatikal ketika akan menuturkan suatu bahasa. Ketika seseorang terlalu memikirkan kesalahan gramatikal, mereka akan cenderung berhenti untuk membuat seubah kemajuan dan peningkatan. Kesalahan adalah bagian dari satu pembelajaran. Janganlah takut untuk membuat suatu kesalahan.

 

  1. Berbicara dengan penutur asli

 

Berbicara dengan penutur asli adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa kamu. Dari hasil pengalaman penulis sendiri, berbicara dengan penutur asli bahasa arab meningkatkan secara dratis gaya bahasa dan percaya diri penulis dalam mengungkapkan suatu pikiran dalam bahasa tersebut. Ketika kamu sudah nyaman dan percaya diri kamu bisa melontarkan candaan dan humor yang tentunya akan semakin meningkatkan kualitas bahasa asing kamu.

Pertanyaanya, dimana kamu bisa mendapatkan lawan bicara dari penutur asli? Website seperti italki dan WeSpeke dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan lawan bicara dari seorang penutur asli. Atau kamu juga bisa menemukannya di platform media sosial yang ada seperti facebook dan lainnya. Intinya kamu harus punya keberanian untuk berbicara dengan penutur asli tersebut. Selain platform media sosial, kamu juga bisa ikut turut dalam acara-acara internasional yang banyak melibatkan para penutur asing di dalamnya. Dari pengalaman penulis, menjadi seorang guide bagi seorang tamu asing dalam acara-acara internasional menjadi media pembelajaran bahasa yang sangat mengasyikan.

 

  1. Melihat lebih jauh ke dalam kultur kebudayaan bahasa tersebut

 

Sebuah bahasa pada dasarnya menggambarkan masyarakat dan kebudayan yang mereka miliki. Kalau kamu tidak bisa mendapatkan nilai dari sebuah masyarakat dan kebudayannya, maka kamu juga tidak akan mendapatkan nilai dari suatu bahasa. Coba bayangkan, bagaimana suku eskimo mempunyai lebih dari 50 bahasa untuk kata salju. Tentu hal itu sangat berakaitan erat dengan budaya dan lingkungan dimana mereka hidup bukan?

Maka kamu harus meluangkan waktu kamu untuk mempelajari budaya bahasa yang kamu pelajari. Serial film dan televisi adalah media yang tepat untuk mepelajari budaya tersebut. Dengan nonton film yang mencakup kebudayaannya kamu bisa mendapatkan rasa dari suatu bahasa yang pastinya akan semakin memudahkan kamu mempelajari bahasa tersebut.

One thought on “7 Tips mempelajari bahasa baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.