7 Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Game Shooter

Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Game Shooter

Kalau bahas-bahas tentang game udah pasti gak ketinggalan membahas tentang game yang genrenya Shooter/First Person Shooter (FPS). Dari berbagai genre game yang melimpah di zaman sekarang tentu kita akan memiliki banyak pilihan dalam bermain game. Salah satu game yang banyak diminati adalah game ber-genre shooter. Ya memang game shooter menjadi salah satu genre yang banyak diminati karena bisa memberikan experience yang berkesan bagi pemain dari game ini dan tergantung kepada tema game shooter yang kita mainkan. Game shooter juga terkenal dengan gaya permainannya yang terkesan simple tapi seru. Kebanyakan game shooter hanya mengandalkan tombol keyboard untuk mengarahkan laju pemain dan mouse untuk melakukan tembakan atau serangan. Game First Person Shooter yang pertama memang masih menjadi kontroversi namun setidaknya ada 2 kandidat yang diperkirakan menjadi game FPS pertama. Game seperti Wolfenstein 3D dan Doom menjadi kandidat terkuat sebagai game FPS pertama yang muncul ke dunia game. Hal ini melihat juga dari tanggal rilis game tersebut yang lebih tua dibanding game FPS lainnya. Untuk Wolfenstein 3D sendiri muncul pada tanggal 5 Mei 1992 dan Doom yang muncul pada 10 Desember 1993. Game tersebut menjadi game yang lebih tua jika dibandingkan game FPS terkenal lainnya seperti Counter-Strike yang muncul pertama kali pada awal abad ke-21. Game online FPS menjadi sebuah nilai lebih pada hari ini. Konsep permainan FPS ditambah dengan Multiplayer mode menjadikan game FPS semakin diminati. Pemain game FPS dari berbagai negara bisa bertemu dan mepertunjukan bakat mereka dalam game FPS. Hal ini mendorong para gamer untuk saling berkompetisi antar team bahkan antar negara. Sebut saja pertandingan game FPS seperti kompetisi Counter-Strike yang pada beberapa tahun kebelakang banyak dilakukan menjadis sebuah bentuk ajang menumbuhkan antusias para penikmat game FPS untuk ikut berpartisipasi menunjukan skill mereka. Kebanyakan model permainan dibuat dengan pengantarnya adalah bahasa Inggris. Karena berbagai pemain dari berabagai negara ada didalam permainan tersebut tidak jaang para developer game ini membuat sebuah command section untuk mempermudah pemain dalam berinteraksi. Command section tersebut terdiri dari beberapa kata perintah yang simple dan untuk beberapa orang jarang dengar atau mengerti. Para Gamer tidak jarang menggunakan perintah tersebut dalam permainan untuk berkomunikasi. Sebenarnya penjelasan apa saja yang ada dalam bentuk perintah tersebut dan sejarah dalam kata-kata tersebut bisa dilihat dari perkembangannya dalam game FPS.

  1. Get in Position

Biasanya kalau kita bermain game FPS dan memiliki team ada 1 hal yang gaboleh ketinggalan untuk dibicarakan yaitu strategi. Strategi menjadi hal penting lainnya untuk dibahas terlebih apabila kita bermain sebagai team dalam game FPS. Sebut saja game FPS yang memiliki team sebagai konsep permainannya seperti Counter Strike, Point Blank, dan Call of Duty menjadi game dengan permainan multiplayer yang terkenal. Permainan tersebut membuat para gamer perlu memperteambangkan untuk menjalankan strategi untuk menang. Salah satu yang memperlancar hal tersebut adalah komunikasi. Komunikasi membuat strategi akan berjalan dengan baik. Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan adalah command. Bentuk command yang digunakan untuk menyatakan diri menuju tempat yang diperintahkan adalah Get in Position. Kata ini berguna bagi para pemain untuk memberitahu kawan bahwa ia akan menuju lokasi yang dibutuhkan. Hal ini mempermudah komunikasi antar pemain dalam game FPS.

Baca juga : Tujuh Negara yang Masyarakatnya Multilingual

  1. Report in

Pernah gak kalian kalau main game FPS suka sepi padahal semua pemainnya masih aktif? Nah command ini digunakan oleh para gamer untuk mengecek status team. Selain untuk mengecek apakah keadaan masih baik-baik saja juga bisa menjadi pemicu untuk mengecek sambungan internet hehehe maklum kalau main conter strike dulu biasanya  koneksi internet yang stabil masih jarang. Kalau gak ada yang melapor balik kemarkas artinya antara emang udah pada abis temennya atau emang kitanya erorr. Perintah Report In ini juga berfungsi sebagai cara bagi team leader mengecek keadaan perwilayah, biasanya para pemain lainnya akan mengirimkan laporan wilayah-wilayah apakah aman atau butuh bantuan. Walaupun gak jarang yang biasanya yang dilaporin malah kisah kehidupan. Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Game Shooter

  1. Fire In The Hole

Biasanya kita itu sering banget denger kata-kata Fire In The Hole di dalam sebuah film perang atau pun di game. Terutama dalam game-game perang seperti game FPS. Sebenarnya arti kata Fire In The Hole ini bukanlah sebuah api di dalam lubang. Biasanya jika diartikan perkata kita gak akan dapet arti sebenarnya dari apa yang dimaksud. Arti kata Fire In The Hole  biasanya digunakan untuk memperingatkan teman bahwa akan ada sebuah ledakan. Hal ini yang membuat sebelum terjadi sebuah ledakan kita biasanya mendengar seseorang mengatakan hal tersebut. Kalau dalam film perang kita melihat adegan seseorang tentara melempar granat nah biasanya sebelum granat tersebut meledak atau dilemparkan dia akan bilang Fire In The Hole. Kebanyakan dari game FPS Sendiri melihat bahwa istilah ini adalah istilah yang sudah biasa diterapkan karena itu kata-kata ini terdapat diberbagai game FPS. Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Game Shooter

  1. Covering Fire

Kalau kalian yang suka nonton film perang pasti udah gak asing sama istilah yang satu ini. Dalam sebuah situasi seorang tentara membutuhkan pengalih perhatian untuk membuat lawan terfokus pada satu titik sementara titik lainnya menjadi lengah, nah hal ini yang biasanya memicu seorang tentara butuh tembakan pengalihan atau disebut Covering Fire. Sebenarnya istilah ini bisa juga untuk sebutan tembakan perlindungan. Nah tembakan perlindungan digunakan untuk membuat musuh terkejut sehingga mereka menghindar. Biasanya dalam film perang tentara Amerika hal ini dilakukan saat meledakan sebuah bunker senapan mesin. Hal ini kemudian diterapkan dalam game FPS gunanya tidak lain adalah untuk meminta kawan memberikan tembakan perlindungan atau pengalih perhatian. Biasanya kalau dalam game FPS tertulis Cover me. Walaupun terkesan bahwa hal ini sangat heroik tidak jarang juga dalam game FPS hal ini menemui kegagalan. Kalau gak karena temennya terlambat ngasih bantuan atau gak emang gak punya temen buat ngelakuin ini hahaha.

  1. Regroup

Nah udah pasti kalau kita main game FPS itu biasanya yang terjadi saat tidak adanya strategi yang baik adalah berpencar. Biasanya dalam keadaan yang terpecah ini kita bisa jadi sasaran empuk apalagi kalau berpisah dalam jarak yang jauh dari kumpulan team. Bagaikan sebuah ungkapan zaman dahulu bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Konsep yang sama terjadi dalam hal ini. Saat semau team tidak punya tempat berkumpul kembali alias semua berpencar, kemungkinan team menjadi kalah akan semakin besar. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan sebuah aksi cepat tanggap untuk ketua team atau anggota team membuat para pemain berkumpul kembali. Karena gak mungkin untuk nyamperin satu-satu untuk berkumpul maka perintah Regroup menjadi berguna. Biasanya ini digunakan apabila sudah banyak pemain yang mati dan sisa dari team harus berkumpul memperkuat barisan. Walau gak jarang juga begitu kumpul dan dilempar granat semua anggota team malah mati.

  1. Taking Fire, Need Back Up!

Nah kalau command yang satu ini adalah keadaan dimana peluru udah sekarat dan kalian dikepung sama musuh, udah pasti kalian akan kelabakan untuk menyelamatkan diri. Salah satu command yang biasanya digunakan adalah Taking Fire, Need Back Up. Kalau kalian lihat command ini memiliki fungsi untuk meminta bantuan kepada rekan team untuk membantu posisi kita yang udah hopeless banget. Gak jarang sih beberapa saat setelah minta bantuan biasanya gak terselamatkan atau terselamatkan dengan jumlah health yang udah dibawah normal. Kalau temennya cepat tanggap sih udah pasti dibantuin. Kalau temennya rada lemot wah udah pasti kalian gak akan selamat tepat waktu. Dari command ini kalian bisa lihat siapa yang beneran teman kalian dalam team dan yang mana yang fake. Ibarat dalam kehidupan pertemanan, teman dikala susah dan senang biasanya akan berbeda. Tapi jangan coba coba buat bercandaan pake command ini, kalau taunya gak ada apa-apa bisa gak dipercaya teman satu team lagi yang ada.

  1. Strom The Front

Nah kalau kalian biasanya bermain bersama teman-teman dalam team dan berhadap-hadapan langsung dengan team musuh, kalian akan tahu kalau keseruan akan segera terjadi. Saat team leader sudah kehabisan taktik untuk menghindari serangan secara brutal langsung kedepan pertahanan musuh, biasanya disinilah command ini terjadi. Strom The Front yang artinya adalah untuk mengarahkan para anggota team maju langsung menghadap musuh atau dalam kata lain adalah serang. Walaupun taktik ini akan menimbulkan kegaduhan yang luar biasa besar, cara ini tentunya sangat berisko bagiseluruh anggota team. Tidak jarang bahkan anggota team yang selamat akan sangat sedikit jumlahnya. Cara ini biasanya dipakai apabila sudah berhadap-hadapan dengan musuh dalam jumlah sama banyak, atau setidaknya memiliki kondisi medan tempur yang tidak memungkinkan untuk melakukan taktik menghindar. Istilah ini juga merupakan istilah yang terbilang umum dalam game FPS terlebih memang hanya game FPS yang kemungkinan besar bisa menggunakan istilah ini. Sebut saja game sehebat Call of Duty biasanya akan menggunakan istilah ini untuk memberikan perintah menyerang langsung kearah musuh. Istilah sejenis dalam game FPS lain akan ditemukan dalam game Counter Strike. Biasanya game ini yang akan paling relevan dalam penggunaan istilah-istilah ini. Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Game Shooter

Nah dari sekian banyak istilah yang ada dalam sebuah game FPS tentunya kita akan melihat pentingnya bagi kita belajar bahasa Inggris. Selain karena istilah dan kosa kata yang diperkenalkan dalam game tersebut adalah bahasa Inggris tentunya karena bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dalam plot cerita sebuah game. Pentingnya belajar bahasa kemudian dalam hal ini terlihat. Untuk mendapatkan sebuah experience yang maksimal dalam sebuah hiburan dibutuhkan kemampuan bahasa yang mumpuni sehingga kemampuan bahasa menjadi sebuah aset dalam hal apapun. Pentingnya belajar sebuah bahasa bisa kita pahami dalam berbagai hal yang salah satunya adalah melalui game. Jadi buat kalian-kalian yang baca tulisan ini kalian harusnya udah paham pentingnya untuk belajar sebuah bahasa.

Author : Frederick A. B.

Photo By BelleDeesse on Wallpaperup

One thought on “7 Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Game Shooter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *