5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Perancis

Alasan kenapa belajar bahasa prancis

Belajar bahasa asing itu sesuatu yang asyik dan bermanfaat banget. Kalau kamu seneng atau ingin belajar bahasa asing, tapi bingung mau pilih bahasa asing yang mana, penulis punya satu saran yang menurut penulis oke banget buat dipertimbangkan. Bahasa apa tuh? Bahasa Perancis! Yup, serius. Bahasa Perancis bukannya susah ya? Bahasa Perancis itu yang ribet bacanya kan? Banyak huruf yang di skip dan bacanya harus sengau gitu. Katanya benda di Bahasa Perancis ada jenis kelaminnya ya? Terus, gimana bedainnya? Pasti banyak vocab baru yang kita harus hafal! 

Eits eits, tunggu dulu. Di tulisan ini, penulis mau membeberkan alasan-alasan kenapa belajar bahasa Perancis itu sebenernya nggak sesusah yang kamu bayangkan.

1.Kosakatanya banyak yang mirip atau sama dengan bahasa Inggris

 

5 alasan kenapa belajar bahasa perancis nggak sesulit yang kamu bayangkan 1

Important. Sport. Incapable. Destination.

Betul, empat kata di atas merupakan empat kata bahasa Inggris yang masing-masing artinya penting, olahraga, tidak mampu, dan destinasi. Tapi mungkin yang kamu sebelumnya nggak tahu, empat kata di atas juga merupakan merupakan kata bahasa Perancis. Hah? Tulisannya persis banget kaya bahasa Inggris? Yes, memang. Tapi artinya? Arti empat kata itu juga sama persis dengan di bahasa Inggris. Penulisan dan arti memang sama, tapi bedanya di pronunciation (pengucapan) saja. Dikutip dari frenchtogether.com, sekitar 29% kata dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Perancis.

Kenapa bisa sebanyak itu? Ini semua ada kaitannya dengan sejarah, guys. Bahasa Perancis itu termasuk dalam keluarga Romance languages. Romance languages adalah suatu istilah untuk menyebut kumpulan bahasa yang berasal dari bahasa Latin, salah satu bahasa yang dulu dipakai oleh bangsa Romawi. Di masa lalu, bangsa Romawi pernah melakukan ekspedisi penaklukan ke Britania Raya. Salah satu hasil dari invasi yang masih bertahan sampai sekarang, yaitu adanya kata-kata dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Latin. Dari sini terjawab, kenapa ada kosakata yang mirip di bahasa Perancis dan Inggris: karena keduanya mendapat pengaruh dari bahasa Latin. Tapi, ini masih permulaan.

Invasi bangsa Romawi bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan kemiripan kosakata kedua bahasa tersebut. Invasi dari bangsa Norman di tahun 1066 merupakan faktor yang paling utama. Invasi tersebut sukses dan dampaknya, pernah ada waktu di mana raja orang Inggris berasal dari daerah yang di kemudian hari merupakan bagian dari Perancis (La Normandie). Invasi yang berujung kekuasaan bangsa Norman di Inggris membawa masuk banyak kosa kata yang berhubungan dengan kemewahan, makanan, dan seni ke dalam bahasa Inggris. Contohnya, beef (boeuf), poultry (poulet), boutique (boutique), dan sebagainya.

Tentunya, gak semua kata sama persis seperti di bahasa Inggris, tapi kamu tentu tetap bisa mengira-ngira maksud kalimat ini kan?

Le psychologue continue de visiter l’hôpital. alasan kenapa belajar bahasa prancis

2. Konsep noun gender tidak terlalu rumit

 

 

Ini mungkin suatu konsep yang baru buat kamu. Jadi, banyak bahasa asing, termasuk bahasa Perancis yang menggunakan konsep noun gender. Artinya, setiap benda punya gendernya sendiri. Hah? Gimana gimana? Gini contohnya, meja itu feminin, tembok itu maskulin, air termasuk feminin, dan tempat tidur masuk kategori maskulin. Lho, lho, kenapa bisa begitu? Hehe, nggak ada yang tau pasti kenapa suatu benda dikategorikan feminin atau maskulin, dan sayangnya juga nggak ada cara singkat untuk mengetahui gender dari kata benda dalam bahasa Perancis. Mereka memang harus dihafal. Eits, tapi jangan berkecil hati dulu. Meski menghafalnya tidak mudah dan terdapat banyak pengecualian, ada beberapa patokan yang bisa kita ambil untuk menebak gender dari suatu benda.  Contohnya, kata-kata yang berakhiran “-tion” gendernya feminin. Destination, option, dan situation, mereka bertiga masuk kategori feminin. Voilà, kamu baru aja menguasai satu trik menebak gender benda. 

Noun gender dalam bahasa Perancis hanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori maskulin dan feminin. Ini jauh lebih mudah bila dibandingkan bahasa Jerman yang memiliki tiga kategori noun gender: maskulin, feminin, dan netral. Sedikit saran dari penulis, rajin-rajinlah membaca. Semakin sering kita membaca, semakin banyak kata yang kita temui, dan semakin mudah juga bagi kita untuk menentukan gender. Tanpa sadar, kita sudah berhasil menghafal banyak kata beserta gendernya.

Baca juga : Politik Luar Negeri Indonesia Pada Masa Konfrontasi Militer dengan Malaysia

3. Pengucapan yang sebenarnya tidak seribet itu

5 alasan kenapa belajar bahasa perancis nggak sesulit yang kamu bayangkan 3

 

Ngomong bahasa Inggris aja gue masih belepotan, mana bisa gue ngomong Perancis?! Pelafalan dalam bahasa Perancis, tidak bisa dipungkiri, selalu dianggap bagian yang paling mengintimidasi dan seringkali membuat orang-orang mengurungkan niat untuk belajar bahasa Perancis. Bunyi sengau yang tergolong asing untuk orang Indonesia, bunyi huruf “r” yang tidak lazim, serta aksen-aksen yang tidak ditemui di bahasa Indonesia maupun Inggris terlihat menakutkan bagi sebagian orang. Wah, betul kan pronunciation bahasa Perancis itu susah! 

Memang betul, pelafalan dalam bahasa Perancis sangat berbeda dari bahasa Indonesia atau bahkan Inggris. Tetapi ketika kita sudah belajar, kita akan sadar kalau ternyata pelafalannya tidak sesusah itu. Penulis sendiri sempat memiliki ketakutan serupa sebelum mulai belajar bahasa Perancis. Akan tetapi, sesudah belajar, ternyata ketakutan penulis tidak terbukti. Oh ya, satu hal yang menurut penulis sangat membantu, dalam bahasa Perancis, pelafalannya cukup konsisten, bahkan jika dibandingkan dengan bahasa Inggris. Tidak seperti pada aturan grammar, di pelafalan, tidak terdapat banyak pengecualian. Selama kita mengingat dan mengikuti aturan pengucapan yang ada, pronunciation kita tidak akan salah.

4. Grammarnya runtut dan bertahap

5 alasan kenapa belajar bahasa perancis nggak sesulit yang kamu bayangkan 4

 

Susah deh kayanya grammarnya Perancis, keliatannya ribet banget! Tata bahasa atau grammar bahasa Perancis akan terlihat sulit dan rumit bagi yang belum pernah belajar bahasa asing selain bahasa Inggris. Sebagai contoh, terdapat konsep konjugasi kata kerja, di mana kita harus memodifikasi kata kerja berdasarkan subjek (pelaku) dan tense yang digunakan. Meski konsep serupa ada di bahasa Inggris, tetapi dalam bahasa Perancis, konsep ini jauh lebih rumit. Selain itu, terdapat tenses-tenses yang berbeda dengan bahasa Inggris seperti subjonctif, passé composé, dan imparfait. Ditambah lagi, adanya konsep-konsep gramatikal yang sama sekali tidak ada di bahasa Inggris. Tidak lupa juga ketika kita menulis dalam bahasa Perancis, kita butuh konsentrasi lebih agar tulisan kita sesuai dengan aturan-aturan gramatikal yang kita pelajari. alasan kenapa belajar bahasa prancis

Mengerti, menghafal, dan mengikuti sekian banyak aturan tata bahasa tentunya tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk menguasai aturan-aturan tersebut. Kabar baiknya, grammar dalam bahasa Perancis runtut dan bertahap. Kita mungkin akan mengalami kesulitan pada awal belajar grammar Perancis. Nggak apa-apa, itu normal kok. Tetapi ketika kita sudah berhasil menguasai grammar-grammar yang mudah, grammar-grammar lain yang sebenarnya lebih sukar akan dapat kita kuasai dengan mudah. Selama kita rajin melatih dan mengingat aturan-aturan grammar yang sudah kita pelajari, grammar bahasa Perancis yang semula terlihat ribet, tidak akan menjadi masalah yang berarti. alasan kenapa belajar bahasa prancis

5. Terdapat banyak sumber belajar yang berkualitas

5 alasan kenapa belajar bahasa perancis nggak sesulit yang kamu bayangkan 5

Worth it gak sih belajar Perancis? Emang banyak orang yang pake bahasa Perancis? Disadur dari diplomatie.gouv.fr, terdapat lebih dari tiga ratus juta (300.000.000) penutur bahasa Perancis di seluruh dunia dan mereka semua tersebar di kelima benua. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat menurut Babbel Magazine, bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa yang paling cepat berkembang di dunia. Bahasa Perancis juga merupakan salah satu dari enam bahasa resmi PBB. Bahasa Perancis sendiri dikenal sebagai bahasa yang berkaitan erat dengan budaya, kuliner, seni, dan cinta, hehe.

Kalau pengen belajar Perancis, banyak ga sih sumbernya? Mending kursus atau cari yang gratisan ya? Melihat jumlah pembelajar ataupun penutur serta seberapa pentingnya bahasa Perancis, tidak mengherankan jika kita melihat betapa melimpahnya sumber untuk belajar bahasa Perancis. Agar pembelajaran kita efektif dan terus bergerak maju, kita harus selektif dalam memilih sumber belajar. Kita dapat mengambil kursus bahasa Perancis yang beberapa tahun belakangan ini semakin menjamur, atau memanfaatkan berbagai sumber belajar yang gratis. Kedua cara di atas bisa efektif selama kita tekun dalam belajar. Selain itu, penting juga untuk memilih sumber belajar yang sesuai dengan gaya belajar kita. alasan kenapa belajar bahasa prancis

Ada saran nggak untuk situs belajar bahasa Perancis gratis? Penulis sendiri memiliki beberapa saran situs gratis untuk belajar bahasa Perancis. Jika kamu benar-benar bingung dari mana harus memulai, aplikasi atau situs belajar bahasa seperti Duolingo atau Memrise mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Lewat aplikasi-aplikasi ini, kamu akan sedikit demi sedikit diperkenalkan kepada bahasa Perancis. Jika dirasa sudah memiliki level yang lebih baik, penulis menganjurkan untuk mencoba belajar dari sumber yang lain. Untuk kamu yang ingin melatih kecepatan serta ketepatan dalam mengkonjugasi kata kerja, kamu bisa belajar dari conjuguemos.com. Kalau kamu masih sering membuat kesalahan di grammar, laits.utexas.edu/tex/index.html bisa sangat membantu. Situs ini sendiri di-design untuk para mahasiswa di University of Texas at Austin sebagai guide untuk memahami grammar bahasa Perancis. Situs ini mencakup hampir semua grammar yang esensial dalam bahasa Perancis. Tersedia banyak sarana untuk mengasah kemampuan listening kita. Tentu saja, Youtube tempat yang paling cocok untuk menemukan beragam konten secara gratis. Untuk awal-awal, kamu dapat mencoba mendengarkan video-video dari bidang yang kamu sukai. Tetapi cobalah untuk menonton video dengan berbagai topik untuk dapat mengasah kemampuan listeningmu dengan lebih baik. Saran untuk listening ini juga dapat kamu terapkan jika kamu ingin mencoba untuk mulai membaca artikel berbahasa Perancis di internet.

Guys, itulah alasan mengapa belajar bahasa Perancis tidak sesulit yang dibayangkan. Kosakata yang familiar, konsep gender dan pengucapan yang tidak terlalu rumit, grammar yang runtut dan bertahap, dan banyaknya sumber belajar berkualitas yang tersedia tentunya semakin meyakinkan bahwa bahasa Perancis itu tidaklah sulit. Meski begitu, jika diibaratkan, belajar bahasa asing mirip seperti sebuah maraton. Belajar secara intensif dan antusias di awal saja tidak cukup. Dibutuhkan konsistensi serta kemauan yang keras untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Selama kita terus belajar hal baru setiap hari dan giat mengulang pelajaran yang kita telah pelajari, kita akan semakin dekat dengan penguasaan bahasa Perancis yang fasih. Gimana? Sudah siap belajar bahasa Perancis? Bonne chance et amuse-toi bien!

Sumber

https://frenchtogether.com/french-words-in-english/

https://www.frenchtoday.com/blog/french-grammar/french-nouns-gender-feminine-endings/

https://www.diplomatie.gouv.fr/en/french-foreign-policy/francophony-and-the-french-language/learning-and-teaching-french/article/10-good-reasons-for-learning

https://www.babbel.com/en/magazine/how-many-people-speak-french-and-where-is-french-spoken/

http://laits.utexas.edu/tex/index.html

3 thoughts on “5 Alasan Kenapa Belajar Bahasa Perancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *