Tujuh Film Seru Para Penggemar Sejarah Wajib Tonton

Tujuh Film Seru Para Penggemar Sejarah Wajib Tonton

  1. Schindler’s List (1993)

Schindler’s List (1993)

Poster Film Schindler;s List

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt0108052/mediaviewer/rm1610023168

Schindler’s List merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Thomas Kenally yang berjudul Schindler’s Ark. Film ini mengisahkan tentang Oskar Schindler, seorang pebisnis sekaligus anggota partai NAZI yang pergi ke Krakow untuk mencari peruntungan pada masa Perang Dunia Kedua. Oskar kemudian memulai pabriknya dengan bantuan koneksi para petinggi militer Jerman di Krakow dengan pendanaan dari para pebisnis yahudi yang pada masa itu mengalami diskriminasi. Menyadari perlakuan tidak menyengangkan tersebut, Oskar tergerak untuk berbuat baik kepada orang-orang yahudi yang bekerja di pabriknya. Oskar mempekerjakan orang-orang yahudi tersebut tanpa kekerasan, sebuah tindakan yang berlainan dari simpatisan NAZI pada saat itu. Oskar kemudian ‘menebus’ dengan sejumlah uang untuk mencegah para pekerja yahudinya yang dieksekusi massal di Auchswitz. Schindler’s List dibintangi oleh Liam Neeson sebagai Oskar Schindler, Ralph Fiennes sebagai Amon Goeth dan Ben Kingsley sebagai Itzhak Stern. Hampir keseluruhan adegan dalam Schindler’s List merupakan film hitam-putih, adegan berwarna dalam film ini digunakan saat sebelum dan sesudah perang untuk menghormati para korban Holocaust. Film ini berhasil mempopulerkan Liam Nesson dan berhasil mendapatkan keuntungan hingga 300 juta dollar Amerika. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini berhasil memperoleh banyak penghargaan dengan memenangkan tujuh penghargaan pada Academy Awards dan tiga penghargaan pada Golden Globe Awards. Film ini masuk sebagai salah satu jajaran 100 film Amerika terbaik sepanjang masa versi American Film Institute. Schindler’s List juga mendapatkan 97% tomatometer dari Rotten Tomatoes.

 Waterloo (1970)

Waterloo (1970)

Poster Film Waterloo

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt0066549/mediaviewer/rm2568640256

 

Film ini berawal dari kembalinya Napoleon Bonaparte dari pengasingan di Elba dan kemudian kembali memulai usaha kampanye militernya yang kedua di Eropa. Film ini mengisahkan tentang Pertempuran Waterloo antara Perancis dan Inggris yang bersekutu dengan Prussia. Film ini disutradarai oleh sutradara kenamaan Rusia, Sergey Bondarchuk. Film ini dibintangi oleh Rod Steiger dan Christopher Plummer.  Waterloo menjadi salah satu film epik sejarah dengan biaya pembuatan termahal pada masanya yang mencapai 38 juta dollar Amerika. Dalam menyiapkan adegan pertempuran, film ini berusaha membuat lokasi pengambilan gambar menjadi arena Pertempuran Waterloo yang otentik sesuai sejarah. Selain itu, film ini melibatkan kurang lebih 17000 tentara Uni Soviet untuk membuat setiap adegan pertempurannya tampak nyata. Waterloo berhasil memenangkan dua penghargaan BAFTA pada tahun 1971 untuk kategori best art direction dan best costume design. Film ini juga kemudian dibuatkan versi novelnya oleh Frederick Smith.

  1. Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)

Poster Film Dunkirk

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt5013056/mediaviewer/rm3222677504

Film yang disutradarai oleh Cristopher Nolan ini berlatarkan peristiwa evakuasi Dunkirk pada masa Perang Dunia Kedua. Tentara sekutu yang telah terdesak mundur oleh tentara Jerman di Dunkirk, Perancis berusaha untuk menyelamatkan diri kembali ke dataran Inggris. Film ini memberikan gambaran dramatis peristiwa evakuasi ratusan tentara dari Dunkirk dengan memberikan tiga sudut pandang, yaitu sudut pandang darat (tentara yang terjebak), sudut pandang laut (kapal-kapal yang membantu proses evakuasi) dan sudut pandang udara (pertempuran antara pesawat tempur sekutu yang berusaha menahan serangan pesawat pengebom Jerman). Dunkirk dibintangi oleh Fionn Whitehead, Jack Lowden, dan Harry Styles. Film ini memiliki efek suara dan gambar yang sangat bagus sehingga berhasil meraih tiga kategori pada penghargaan Academy Awards 2018 yaitu Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Film Editing. Film ini juga telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi lainnya. Dunkirk berhasil mendapatkan 92% rating dalam Rotten Tomatoes. Film ini menjadi film bertema Perang Dunia Kedua dengan pendapatan tertinggi yang berhasil mendapatkan pendapatan hingga 527 dollar Amerika.

  1. Hotel Rwanda (2004)

Hotel Rwanda (2004)

Poster Film Hotel Rwanda

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt0395169/mediaviewer/rm2273336576

Film ini mengisahkan tentang Paul Rusesabagina, seorang Hutu yang bekerja di salah satu hotel di ibukota Rwanda. Pada tahun 1994, terjadi konflik antara kelompok Hutu dan Tutsi yang kemudian berujung pada aksi genosida. Paul kemudian menggunakan segala yang dia miliki untuk menyelamatkan keluarganya, tetangganya dan orang-orang Tutsi lainnya dari ancaman genosida. Ia berusaha untuk menampung dan memberikan perlindungan bagi orang-orang Tutsi di hotel tempatnya bekerja. Film ini berhasil menampilkan peristiwan genosida, korupsi, dan penggunaan kekerasan selam terjadinya genosida di Rwanda pada dekade 90-an. Hotel Rwanda dibintangi oleh Don Cheadle dan Sophie Okonedo. Film ini mendatkan tiga nominasi pada ajang Academy Awards, tiga nominasi pada Piala Oscar (Best Actor, Best Supporting Actress, dan Best Original Screenplay) dan telah memenangkan banyak penghargaan lainnya, seperti Berlin International Film Festival dan European Film Awards.

  1. The Pianist (2002)

The Pianist (2002)

Poster Film The Pianist

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt0253474/mediaviewer/rm902038272

The Pianist adalah film yang disutradarai oleh Roman Polanski yang dibuat berdasarkan otobiografi berjudul The Pianist yang ditulis oleh Władysław Szpilman. Film ini menceritakan tentang kehidupan pianis Polandia, keturunan Yahudi, Władysław (Władek) Szpilman pada masa pendudukan Polandia oleh tentara Jerman di era Perang Dunia Kedua. Kehidupan Władek dan keluarganya seketika berubah saat tentara Jerman datang. Mereka, seperti orang-orang yahudi pada umumnya harus merasakan tindakan kejam tentara NAZI. Władek diusir dari rumahnya dan jatuh miskin hingga kehilangan anggota keluarganya. Ia berusaha untuk sembunyi dan menyelamatkan diri. The Pianist dibintangi oleh Adrien Brody, Thomas Kretschmann, dan Frank Finlay. Film ini telah meraih penghargaan Palme d’or pada Festival Film Cannes tahun 2002. Selain itu, film ini juga telah memenangkan tiga penghargaan Oscar untuk Best Director, Best Actor, dan Best Adapted Screenplay. The Pianist juga memenangkan banyak penghargaan lainnya, seperti BAFTA Awards. The Pianist berhasil mencatatkan pendapatan hingga 120 juta dollar Amerika. Film ini masuk sebagai salah satu 100 film terbaik abad ke-21 versi BBC. The Pianist juga mendapatkan 95% rating tomatometer versi Rotten Tomatoes.

  1. Der Untergang (2004)

Der Untergang (2004)

Poster Film Der Untergang

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt0363163/mediaviewer/rm172048896

Der Untergang adalah film Jerman yang disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel. Der Untergang dibuat berdasarkan catatan para saksi mata, memoar, dan berbagai sumber sejarah lainnya untuk dapat memberikan rekonstruksi yang jelas mengenai kondisi Jerman di akhir Perang Dunia Kedua. Film ini menceritakan tentang hari-hari terakhir Adolf Hitler, diktator Jerman pada masa Perang Dunia Kedua dalam memimpin Jerman yang telah terkepung oleh sekutu. Film ini memberikan gambaran bagaimana mental Hitler yang sangat mudah mengalami mood swing pada masa-masa akhirnya memimpin tentara Jerman dari bunkernya di Berlin. Der Untergang dibintangi oleh Bruno Ganz, Alexandra Maria Clara dan Thomas Kretschmann. Bruno Ganz dinilai berhasil memerankan Hitler. Hal tersbeut dapat dilihat dari banyaknya meme dan parodi yang menggunakan cuplikan film Der Untergang saat Bruno Ganz memerankan adegan Hitler yang sedang memarahi para jenderalnya. Film ini berhasil dinominasikan sebagai Film berbahasa asing terbaik pada ajang Academy Awards tahun 2005. Selain itu, Der Untergang juga berhasil memenangkan BBC World Cinema Competition pada tahun 2005. Film ini berhasil mencatatkan pendapatan hingga 92 juta dollar Amerika.

  1. La Révolution Française (1989)

La Révolution Française (1989)

Poster Film La Révolution Française

Sumber gambar: https://www.imdb.com/title/tt0098238/mediaviewer/rm10741504

Film ini merupakan film Perancis yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama yang berjudul “Tahun-Tahun Pencerahan” mengisahkan tentang awal mula munculnya ketidakpuasan rakyat Perancis terhadap pemerintahan Louis XVI yang kemudian memunculkan gagasan-gagasan baru mengenai demokrasi dan kesetaraan. Film ini menjadi salah satu film dengan durasi terpanjang yang mencapai 360 menit untuk dua bagian dari film ini. Bagian ini mengisahkan tentang awal mula Revolusi Perancis dan berakhirnya sistem kerajaan. Bagian kedua film ini berjudul “Tahun-Tahun Mengerikan” mengisahkan tentang pemerintahan teror di Perancis pada masa berdirinya Republik Perancis. La Révolution Française dibintangi oleh Klaus Maria Brandauer, Andrzej Seweryn, Jean-Francois Balmer dan Jane Seymour. Film ini berusaha untuk membangun sudut pandang yang objektif dalam mengisahkan Revolusi Perancis.

7 Tips mempelajari bahasa baru

One thought on “Tujuh Film Seru Para Penggemar Sejarah Wajib Tonton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *