15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan Negara-Negara di Dunia

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan

  1. Lagu Kebangsaan Terpendek

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 1

Bendera Jepang

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Japan.svg

Kimi Ga Yo adalah lagu kebangsaan Jepang menjadi lagu kebangsaan terpendek di dunia. Lagu ini hanya terdiri dari 32 karakter kanji dan sebelas bar musik.

 

  1. Lagu Kebangsaan Terpanjang

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan

Bendera Yunani

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Greece.svg

Terdapat dua versi lagu kebangsaan terpanjang di dunia. Jika dilihat dari versi lengkap lagu tersebut, maka lagu kebangsaan terpanjang adalah Hýmnos is tin Eleftherían (Ύμνος εις την Ελευθερίαν) yang merupakan lagu kebangsaan Yunani. Lagu ini ditulis oleh Dionysios Solomos dengan memiliki 158 stanza. Namun, hanya stanza pertama yang dinyanyikan secara resmi. Sedangkan, Himno Nacional Uruguayo yang merupakan lagu kebangsaan Uruguay menjadi lagu kebangsaan dengan versi resmi terpanjang dengan memiliki 105 bar music atau berdurasi sekitar lima menit.

  1. Lagu Kebangsaan Tertua

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 1

Bendera Jepang

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Japan.svg

Selain menjadi yang terpendek, Kimi Ga Yo juga merupakan lagu kebangsaan tertua di dunia. Liriknya berasal dari puisi Waka yang diciptakan secara anonim pada periode Heian sekitar abad ke-9.

  1. Lagu Kebangsaan Tanpa Lirik

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 2

Fans Tim Nasional Spanyol mendengarkan Lagu Kebangsaan Spanyol

Sumber gambar: https://minutebyminutespanish.com/page/7/

Terdapat empat lagu kebangsaan yang saat ini tidak memiliki lirik resmi, yaitu Marcha Real (Spanyol), Državna himna Bosne i Hercegovine / Државна химна Босне и Херцеговине (Bosnia dan Herzegovina), Evropa (Kosovo) dan Inno Nazionale della Republica (San Marino).

  1. Ditulis oleh Diaspora

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 3

Bendera Singapura

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Singapore.svg

Majulah Singapura yang merupakan lagu kebangsaan Singapura ditulis oleh Zubir Said, seorang warganegara Singapura berdarah Minang. Selain itu, lagu kebangsaan Uruguay (Himno Nacional Uruguayo) dan lagu kebangsaan Paraguay (Paraguayos, Republica o Muerte) ditulis oleh Debaly Ferenc Joszef yang merupakan seorang keturunan Hungaria.

  1. Diadaptasi dari Film

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 4

Bendera Cina

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_the_People%27s_Republic_of_China.svg

March of The Volunteers adalah lagu kebangsaan Republik Rakyat Cina yang diadaptasi dari sebuah film tahun 1935 yang berjudul Children of Troubled Times. Film tersebut disutradarai oleh Xu Xingzhi dan ditulis oleh Tian Han dan Xia Yuan. Lagu ini diadopsi sebagai lagu kebangsaan Cina pada tahun 1949. Lagu ini juga menjadi lagu kebangsaan untuk Hong Kong dan Macao.

  1. Diadaptasi dari Karya Teater dan Opera

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 5

Ilustrasi Opera

Sumber gambar: https://www.roh.org.uk/news/la-forza-del-destino-the-royal-opera-houses-position-on-viagogo

Kde domov můj adalah lagu kebangsaan Republik Ceko yang diadaptasi dari salah satu lagu dalam karya teater yang berjudul Fidlovačka aneb Žádný hněv a žádná rvačka  yang pertama kali dipentaskan pada tahun 1834. Lagu ini ditulis oleh J. K. Tyl. Setelah Cekoslovakia terbentuk pada tahun 1918, bagian pertama lagu tersebut diadopsi sebagai lagu kebangsaan. Selain itu, Lagu Kebangsaan Georgia (Tavisupleba) diadaptasi dari opera yang berjudul Abesalom da Eteri yang merupakan karya Zacharia Paliashvili. Liriknya ditulis oleh David Magradze dan diadopsi sebagai lagu kebangsaan Georgia pada tahun 2004.

  1. Melodi yang Mirip

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 6

Bendera Inggris Raya

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_the_United_Kingdom.svg

Lagu kebangsaan Liechtenstein yang berjudul Oben am Junghen Rhein memiliki kemiripan melodi dengan lagu kebangsaan Inggris, God Save The Queen. Tidak diketahui siapa pencipta melodi lagu ini. Namun, melodi ini juga pernah digunakan sebagai lagu kebangsaan Austria pada abad ke-19 dengan judul Gott erhalte Franz den Kaiser. Lagu kebangsaan Estonia yang berjudul Mu Isamaa, Mu õnn ja rõõm juga memiliki kemiripan melodi dengan lagu kebangsaan Finlandia yang berjudul Maamme. Melodi lagu ini diciptakan oleh composer Finlandia yang bernama Fredrik Pacius. Selain itu, lagu kebangsaan Tanzania yang berjudul Mungu Ibariki Afrika dan lagu kebangsaan Zambia yang berjudul Stand and Sing of Zambia, Proud and Free memiliki kesamaan melodi dengan lagu kebangsaan Afrika Selatan yang berjudul Nkosi Sikelel’ iAfrika. Melodi lagu ini memang berdasarkan himne yang ditulis oleh Enoch Sontonga, seorang pendeta Xhosa. Lagu ini menjadi lagu pembebasan pan-Afrika.

 

  1. Mengadopsi Lagu Kebangsaan Negara Lain

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 7

Bendera Siprus

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Cyprus.svg

Siprus mengadopsi lagu kebangsaan yang sama dengan lagu kebangsaan Yunani yang berjudul Hýmnos is tin Eleftherían (Ύμνος εις την Ελευθερίαν). Siprus mengadopsi lagu tersebut sebagai lagu kebangsaan pada tahun 1966. Siprus sendiri memang merupakan sebuah negara dengan konsentrasi etnis Yunani yang besar di luar Yunani. Berdasarkan data CIA World Factbook, terdapat 77% etnis Yunani yang menjadi warganegara Siprus. 18% sisanya merupakan etnis Turki yang mengakui lagu kebangsaan Turki, Istiklal Marsi sebagai lagu kebangsaan mereka.

  1. Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 8

Bendera Andorra

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Andorra.svg

Lagu kebangsaan Andorra yang berjudul El Gran Carlemany menggunakan sudut pandang orang pertama dalam menceritakan sejarah Andorra. Lagu ini ditulis oleh Juan Bennloch I Vivo dengan melodi ciptaan Enric Marfany Bons. Liriknya menggunakan sudut pandang orang pertama (saya) sebagai negara Andorra. Terjemah lirik lagunya, kurang lebih sebagai berikut:

Charlemagne yang agung, ayahku,

Telah membebaskanku dari Saracen.

Dan dari surga, dia memberikanku kehidupan

Meritxell (Bunda Maria), sang Ibu yang agung.

  1. Memiliki Lirik dalam Berbagai Bahasa

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 9

Bendera Afrika Selatan

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_South_Africa.svg

Lagu kebangsaan Afrika Selatan , Nkosi Sikelel’ iAfrika menggunakan lima bahasa dalam lagunya, yaitu bahasa Xhosa (dua bait pertama), bahasa Zulu (dua bait selanjutnya), dilanjutkan dengan bahasa Sesotho, kemudian bahasa Afrikaans dan diakhiri dengan bahasa Inggris. Keunikan lainnya adalah, lagu ini mengkombinasikan dua lagu yaitu Nkosi Sikelel’ iAfrika untuk bagian pertamanya dan Die Stem van Suid Afrika (Lagu kebangsaan Afrika Selatan sebelumnya) untuk bagian keduanya. Selain Afrika Selatan, Lagu kebangsaan Selandia Baru yang berjudul God Defend New Zealand juga memiliki dua versi yang dinyanyikan secara resmi yaitu dalam bahasa Inggris dan bahasa Maori.

  1. Memiliki Versi dalam Bahasa Lain

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 10

Bendera Belgia

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_Belgium.svg

Jika lagu kebangsaan Afrika Selatan mengkombinasikan berbagai bahasa dalam satu versi resmi lagu kebangsaannya, terdapat juga negara-negara yang memiliki lagu kebangsaan dalam versi bahasa lainnya. Lagu kebangsaan Belgia, La Brabançonne memiliki tiga versi yaitu dalam bahasa Perancis (resmi), bahasa Jerman, dan bahasa Belanda. Hal ini merepresentasikan negara Belgia yang trilingual. Lagu kebangsaan Kanada, O Canada juga memiliki dua versi bahasa yaitu dalam bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

  1. Memiliki Dua Lagu Kebangsaan

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 11

Bendera Selandia Baru

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Flag_of_New_Zealand.svg

Selandia Baru memiliki dua lagu kebangsaan yang memiliki status yang sama, yaitu God Save The Queen yang biasa digunakan dalam acara yang berhubungan dengan Kerajaan Inggris dan persemakmuran, dan God Defend New Zealand yang digunakan dalam acara memfokuskan identitas nasional Selandia Baru, seperti pada event olahraga. Selain Selandia Baru, Denmark juga memiliki dua lagu kebangsaan dengan kedudukan yang sama. Der er Et Yndigt Land digunakan sebagai lagu kebangsaan sipil dan Kong Christian stod ved højen mast digunakan sebagai lagu kebangsaan kerajaan.

  1. Menyebut Bangsa Lain

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 12

Peta ingofrafis negara yang menyebut bangsa lain dalam lagu kebangsaannya

Sumber gambar: http://digg.com/2018/national-anthems-referring-to-other-countries

Terdaoat banyak lagu kebangsaan yang di dalam liriknya menyebutkan bangsa atau negara lain. Sebagai contoh, lagu kebangsaan Belanda (Wilhelmus van Nassouwe) menyebut Raja Spanyol dalam liriknya (“den Koning van Hispanje, heb ik altijd geëerd” yang berarti kepada Raja Spanyol, Aku kan berikan kesetiaan seumur hidup). Lagu kebangsaan Polandia menyebut Italia dan Swedia dalam liriknya. Dalam peta diatas dapat kita lihat negara-negara yang menyebut bangsa lain dalam lagu kebangsaannya. Garis merah menandakan sentimen negatif, garis kuning menandakan sentimen netral, dan garis hijau menandakan sentimen positif.

  1. Ditulis oleh Komposer Terkenal

15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan 13

Joseph Haydn, komposer kenamaan

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Joseph_Haydn.jpg

Lagu kebangsaan Jerman (Einingkeit und Recht und Freiheit) ditulis oleh komposer terkenal, yaitu Joseph Haydn. Lagu kebangsaan Vatikan yang berjudul Marche Pontificale juga ditulis oleh komposer kenamaan, Charles Gounoud. Komposer terkenal Hungaria menjadi pencipta melodi lagu kebangsaan Hungaria yang berjudul Himusz. Land der Berge, Land am Strome juga sebagai lagu kebangsaan Austria diduga menggunakan melodi ciptaan Mozart atau Johann Holzer. Sementara itu, lagu kebangsaan India yang berjudul Jana Gana Mana diciptakan oleh Rabindranath Tagore.

One thought on “15 Fakta Unik Lagu Kebangsaan Negara-Negara di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *