Delapan Kebiasaan untuk Cepat Mempelajari Bahasa Asing

Delapan Kebiasaan untuk Cepat Mempelajari Bahasa Asing

  1. Mempelajari Tata Bahasa

Mempelajari Tata Bahasa

Sumber: https://www.teachingenglish.org.uk/blogs/maria-theologidou/shaking-grammar-class

Tata bahasa merupakan salah satu bagian penting dalam bahasa. Meskipun rumit, namun aturan tata bahasa perlu diketahui dan dipelajari agar kita dapat membuat atau mengucapkan kalimat dengan efektif dan benar. Dalam setiap bahasa, tata bahasa mungkin memiliki kesulitannya masing-masing, seperti adanya konjugasi dan deklinasi yang tidak kita jumpai dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, diperlukan tekad yang kuat dalam mempelajari tata bahasa. Pelajari dari bagian paling dasar dan praktekan hal tersebut dengan mencari soal-soal tata bahasa di internet atau berlatih dengan menggunakan buku-buku yang memberikan pelajaran tata bahasa. Setelah itu. Mulai dengan membuat kalimat sederhana di kepala dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

  1. Hafalkan Kalimat-kalimat Sederhana

Hafalkan Kalimat-kalimat Sederhana

Sumber: https://www.thoughtco.com/how-to-memorize-a-poem-2724843

Dalam mempelajari bahasa asing, kita perlu menghafalkan beberapa kalimat sederhana dalam percakapan sehari-hari. Hafalkan dan perhatikan dengan benar bagaimana pengucapannya yang benar. Melalui kalimat-kalimat sederhana tersebut, kita juga dapat membedah bagaimana kalimat tersebut terbentuk dari sisi tata bahasa. Jangan lupa, untuk membiasakan diri menggunakan kalimat-kalimat sederhana tersebut. Kita bisa memulainya dengan berbicara pada diri sendiri di cermin.

  1. Membuat Kamus Kecil

Membuat Kamus Kecil

Sumber: https://www.merriam-webster.com/words-at-play/new-words-in-the-dictionary

Dalam menguasai bahasa asing, diperlukan pengetahuan akan kosakata dari bahasa asing tersebut. Semakin banyak kosakata yang kita ketahui, maka akan semakin banyak yang dapat kita ucapkan dengan bahasa tersebut. Untuk itu, kita dapat membuat kamus kecil yang berisi kata-kata yang harus kita hafalkan setiap harinya. Caranya dengan menuliskan beberapa kata dan artinya sesuai kamus untuk kita hafalkan. Kita dapat menentukan sendiri setiap harinya berapa banyak kata yang akan kita tuliskan untuk dihafalkan. Usahakan menggunakan kata-kata dengan tema yang sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita berlatih dengan menggunakan kalimat setelah kita berhasil menghafalkan kata-kata tersebut.

  1. Pelajari dengan Rutin

Pelajari dengan Rutin

Sumber: https://www.thebestcolleges.org/17-scientifically-proven-ways-to-study-better-this-year/

Dalam mempelajari bahasa asing, kita harus memiliki komitmen yang kuat dan konsistensi dalam mempelajarinya. Kita bisa memulai secara otodidak atau dengan mengikuti kursus agar dapat mempelajari bahasa tersebut dengan jadwal yang rutin. Namun, jika kita mempelajari bahasa asing secara otodidak, diperlukan jadwal yang jelas dan konsisten. Kita bisa membuat jadwal sesuai dengan waktu luang yang kita miliki. Namun, harus dipastikan bahwa kita menepati jadwal yang telah kita buat tersebut. Jika kita tidak konsisten, maka akan sulit dalam mempelajari bahasa asing, karena diperlukan waktu yang berkelanjutan dalam mempelajarinya agar kita tidak melupakan bahasa asing yang kita pelajari.

Baca juga : Tembok Berlin, Saksi Bisu Perang Dingin

  1. Tonton Film dan Bernyanyi

Tonton Film dan Bernyanyi

Sumber: https://www.nottinghampost.com/whats-on/film/watch-movie-day-2018-film-926391

Bahasa asing tentu memiliki perbedaan dengan bahasa yang kita ucapkan, bukan hanya pada tata bahasa, namun juga dalam pengucapannya. Untuk itu, kita perlu mengetahui dan membiasakan diri dengan mendengarkan bahasa asing tersebut. Beberapa cara yang dapat kita lakukan, seperti menonton film dalam bahasa asing. Kita dapat memulainya dengan mencari film yang menggunakan bahasa tersebut dan sesuaikan dengan genre film yang kita suka. Perhatikan bagaimana bahasa tersebut dicupakan. Selain film, kita juga dapat mencari siaran berita dalam bahasa tersebut di internet atau dengan mencari siaran radio dalam bahasa tersebut dengan menggunakan aplikasi. Selain mendengarkan, kita dapat berlatih dengan mendengar lagu, menghafalkan lagu, dan kemudian menyanyikan lagu dalam bahasa asing tersebut. Delapan Kebiasaan untuk Cepat Mempelajari Bahasa Asing

  1. Berbicara

Berbicara

Sumber: https://www.thoughtco.com/hochdeutsch-germans-one-language-3862610

Bahasa asing yang kita pelajari tidak akan menjadi sia-sia jika kita tidak dapat berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Untuk itu, kita dapat berlatih berbicara sendiri di depan cermin. Kita juga dapat merekam suara kita dan kemudian berusaha menemukan kesalahan tata bahasa atau kesalahan pengucapan yang tidak sengaja dibuat. Kesalahan tersebut penting untuk dipelajari agar kita dapat segera mengoreksi dan membiasakan dengan tata bahasa atau pengucapan yang benar.

  1. Belajar Bersama

Belajar Bersama

Sumber: https://www.bbc.co.uk/news/education-47334374

Mempelajari bahasa asing bersama orang lain dapat memudahkan kita dalam mempelajari bahasa asing. Melalui belajar bersama, kita akan lebih cepat dalam mempelajari bahasa asing dan memudahkan kita untuk menemukan teman berlatih bahasa asing yang sedang dipelajari. JIka sulit untuk menemukan teman yang sedang mempelajari bahasa yang sama, mungkin kita dapat menemukannya di tempat kursus. Jika kita sudah mengikuti kursus, belajar bersama teman kursus di luar jam kursus mungkin dapat kita lakukan. Delapan Kebiasaan untuk Cepat Mempelajari Bahasa Asing

  1. Berteman dengan Penutur Asli

Berteman dengan Penutur Asli

Sumber: https://blog.thelinguist.com/speak-like-a-native-speaker

Bahasa asing mungkin akan lebih jelas diketahui oleh penutur asli. Meskipun, penutur asli terkadang tidak dapat menjelaskan hal-hal, seperti tata bahasa, namun mereka memiliki insting kuat dalam menemukan kesalahan yang diucapkan oleh orang-orang yang bukan penutur asli. Kita dapat menemukan atau mencari penutur asli melalui media sosial atau aplikasi khusus untuk menemukan penutur asli. Jika kita sudah berteman dengan penutur asli, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sedang kita pelajari agar mereka bisa mengoreksi kesalahan yang kita buat.

One thought on “Delapan Kebiasaan untuk Cepat Mempelajari Bahasa Asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *