Sepuluh Gedung Tertinggi di Dunia

Sepuluh Gedung Tertinggi di Dunia

  1. Burj Khalifa

Burj Khalifa di kota Dubai, Uni Emirat Arab

Burj Khalifa

Sumber: https://www.guinnessworldrecords.com/records/hall-of-fame/burj-khalifa-tallest-building-in-the-world

Burj Khalifa adalah gedung pencakar langit yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki ketinggian mencapai 829 m. Burj Khalifa merupakan menara tertinggi di seluruh dunia sejak tahun 2009 mengalahkan Menara Taipei 101. Burj Khalifa mulai dibangun pada tahun 2004 dan baru selesai pada tahun 2010 dengan menggunakan dana sebanyak 1,5 milyar dollar Amerika Serikat. Nama Khalifa digunakan untuk menghormati penguasa Abu Dhabi sekaligus Presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Arsitek dari Burj Khalifa adalah Adrian Smith. Desain Burj Khalifa diambil dari arsitektur Islam, seperti Masjid Agung Samara. Terdapat 163 lantai dan 57 elevator di Burj Khalifa.

  1. Shanghai Tower

Shanghai Tower yang terletak di kota Shanghai, RRC

Shanghai Tower

Sumber: https://www.archdaily.com/798815/genslers-shanghai-tower-named-ctbuhs-best-tall-building-worldwide-for-2016

Shanghai Tower terletak di kota Shanghai, RRC. Menara ini memiliki ketinggian mencapai 632 m. Saat ini, Shanghai Tower merupakan menara tertinggi ke-2 di dunia. Menara ini memiliki 128 lantai dan menjadi menara tertinggi di Asia Timur.Menara ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan secara resmi selesai pada tahun 2015. Arsitek Shanghai Tower adalah Jun Xia dan perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat, Gensler. Shanghai Tower memiliki elevator tercepat di seluruh dunia dengan kecepatan mencapai 74 km/jam. Pembangunan Shanghai Tower menghabiskan dana hingga mencapai 15,7 milyar Yuan atau sekitar 2,4 milyar dollar Amerika Serikat.

  1. Abraj Al-Bait

Abraj Al-Bait terletak tidak jauh dari Masjidil Haram di Mekkah

Abraj Al-Bait

Sumber: https://www.skyscrapercenter.com/complex/169

Abraj Al-Bait adalah sebuah gedung yang terletak di kota Mekah, Saudi Arabia. Abraj Al-Bait terletak beberapa meter dari Masjidil Haram, tempat suci umat Muslim. Abraj Al-Bait memiliki ketinggian mencapai 601 meter dengan jumlah 120 lantai. Menara ini merupakan bagian dari Proyek Raja Abdul Aziz untuk memodernisasi kota Mekkah dan dapat menampung umat Muslim yang melaksanakan ibadah di kota Mekah. Menara ini berfungsi sebagai tempat tinggal dan hotel untuk mengakomodir Jemaah haji dan umroh yang datang ke kota Mekah tiap tahunnya. Pembangunan Abraj Al-Bait dimulai pada tahun 2004 dan baru selesai pada tahun 2011. Menara ini memiliki Makkah Royal Tower yang merupakan jam tertinggi di seluruh dunia. Pembangunan Abraj Al-Bait menghabiskan dana hingga 15 milyar dollar Amerika Serikat dan menjadi bangunan dengan biaya konstruksi terbesar sampai saat ini.

  1. Ping An Finance Center

Ping An Finance Center

Ping An Finance Center

Sumber: https://www.archdaily.com/779178/these-are-the-worlds-25-tallest-buildings/590ccb89e58ece3483000001-these-are-the-worlds-25-tallest-buildings-photo

Ping An Finance Center terletak di kota Shenzen, RRC. Menara ini merupakan menara tertinggi keempat di dunia dan menara tertinggi kedua di RRC. Ping An Finance Center memiliki ketinggian mencapai 599 meter dengan memiliki 115 lantai. Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 2010 dan baru selesai pada tahun 2017. Ping An Finance Center memiliki kompleks perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan di dalamnya. Ping An Finance Center diarsiteki oleh perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat, yaitu Kohn Pedersen Fox Associates dengan biaya pembangunan yang diperkirakan mencapai 1,5 milyar dollar Amerika Serikat.

Baca juga : Lima Keajaiban Dunia Kuno Yang Telah Musnah

  1. Goldin Finance 117

Pembangunan gedung Goldin Finance 117

Goldin Finance 117

Sumber: https://heightpedia.com/goldin-finance-117-height/

Goldin Finance 117 adalah menara yang terletak di kota Tianjin, RRC. Menara ini adalah menara tertinggi kelima di dunia dan menara tertinggi di kota Tianjin, RRC. Menara ini memiliki ketinggian mencapai 596 meter dengan 128 lantai di dalamnya. Pembangunan Goldin Finance 117 dimulai pada tahun 2010 dan berlangsung hingga saat ini. Menara ini diperkirakan akan selesai pembangunannya pada tahun 2020.

  1. Lotte World Tower

Lotte World Tower

Lotte World Tower

Sumber: http://www.skyscrapercenter.com/building/lotte-world-tower/88

Lotte World Tower adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di kota Seoul, Korea Selatan. Menara ini memiliki ketinggian hingga 554 meter dan memiliki 123 lantai. Lotte World Tower saat ini merupakan gedung tertinggi keenam di dunia dan memegang rekor sebagai gedung tertinggi di Korea Selatan. Lotte World Tower mulai dibangun pada tahun 2011 dan selesai pembangunannya pada tahun 2016. Menara ini mengakomodir kompleks perkantoran, apartemen, hotel, dan pusat perbelanjaan di dalamnya. Pembangunan Lotte World Tower diarsiteki oleh perusahaan arsitektur bernama Kohn Pedersen Fox.

  1. One World Trade Center

One World Trade Center dan gedung-gedung lainnya di kota New York, Amerika Serikat

One World Trade Center

Sumber: https://time.com/3553897/one-world-trade-center-freedom-tower-opens-doors-new-york-city-911/

One World Trade Center adalah gedung pencakar langit yang terletak di kota New York Amerika Serikat. Gedung ini memiliki 104 lantai di dalamnya dengan ketinggian mencapai 541 meter atau 1776 kaki. Ketinggian One World Trade Center yang mencapai 1776 kaki mewakili tahun deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. One World Trade Center merupakan menara tertinggi ketujuh di dunia dan menara tertinggi di benua Amerika. Selain itu, menara ini juga merupakan menara tertinggi di Amerika Serikat. One World Trade Center dibangun di kompleks World Trade Center. Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2014. Arsitek dari One World Trade Center adalah David Childs. Pembangunan One World Trade Center menghabiskan dana hingga 3,9 milyar dollar Amerika Serikat.

  1. Guangzhou CTF Finance Center

Gaungzhou CTF Finance Center

Guangzhou CTF Finance Center

Sumber: http://www.skyscrapercenter.com/building/guangzhou-ctf-finance-centre/176

Guangzhou CTF Finance Center adalah gedung pencakar langit yang tereletak di kota Guangzhou, RRC. Menara ini adalah menara tertinggi ke-8 di dunia dan menara tertinggi di kota Guangzhou. Guangzhou CTF Finance Center memiliki ketinggian mencapai 530 meter dengan 111 lantai. Pembangunan menara ini diarsiteki oleh perusahaan arsitektur Kohn Pedersen Fox. Guangzhou CTF Finance Center mulai dibangun pada tahun 2009 dan selesai pembangunannya pada tahun 2016. Menara ini memiliki kompleks apartemen, perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan di dalamnya. Pembangunan menara ini menghabiskan dana hingga 1,5 milyar dollar Amerika Serikat. Sepuluh Gedung Tertinggi di Dunia

  1. Tianjin CTF Finance Center

Tianjin CTF Finance Center

Tianjin CTF Finance Center di malam hari

Sumber: https://www.skyscrapercenter.com/building/tianjin-ctf-finance-centre/310

Tianjin CTF Finance Center adalah menara tertinggi ke-9 di dunia yang terletak di kota Tianjin, RRC. Menara ini memiliki ketinggian yang sama dengan Guangzhou CTF Finance Center dengan ketingian mencapai 530 meter. Namun. Tianjin CTF Finance Center memiliki jumlah lantai yang lebih sedikit dibanding Guangzhou CTF Finance Center, yaitu 98 lantai. Oleh karena itu, Tianjin Finance Center adalah gedung tertinggi di dunia yang memiliki jumlah lantai kurang dari seratus. Pembangunan gedung ini dimulai pada tahun 2013 dan baru selesai di tahun 2019. Sepuluh Gedung Tertinggi di Dunia

  1. CITIC Tower

CITIC Tower di kota Beijing, RRC

CITIC Tower

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/China_Zun

CITIC Tower atau lebih dikenal dengan nama China Zun adalah gedung pencakar langit yang terletak di kota Beijing, RRC. Menara ini merupakan menara tertinggi kesepuluh di dunia dan menara tertinggi di kota Beijing. CITIC Tower memiliki ketinggian mencapai 528 meter dengan 108 lantai di dalamnya. Pembangunan CITIC Tower dimulai pada tahun 2011 dan selesai pada tahun 2018. CITIC Tower adalah bangunan multifungsi yang di dalamnya terdapat perkantoran, apartemen, hotel, dan taman di atas gedung.

One thought on “Sepuluh Gedung Tertinggi di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *