K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika

K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika

Beberapa tahun belakangan ini musik K-pop mulai merambah pasar musik Amerika. Nama-nama seperti BTS dan Blackpink mungkin hampir selalu terdengar di negara Paman Sam tersebut. Di Indonesia K-pop bukanlah hal yang terdengar baru, bahkan negara kita menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk viewers video idol-idol Korea yang ada di youtube. Tidak heran jika memang penggemar atau fans Indonesia ini mungkin cukup membantu peningkatan jumlah viewers Music Video (MV) dari setiap boy group atau girl group asal Korea Selatan ini. K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika

K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika BTS

https://id.wikipedia.org/wiki/BTS_(grup_musik)

Jika ditanya seberapa populernya BTS dan Blackpink ini. Bisa kita lihat lagu-lagu BTS dan Blackpink ini sering diputar di berbagai siaran radio, televisi, atau bahkan menjadi ringtone handphone. Lagu mereka bahkan masuk ke Billboard music di Amerika. Tidak hanya masuk, tetapi menduduki peringkat yang tinggi mengungguli penyanyi-penyanyi yang sudah punya nama besar seperti Ariana Grande, Taylor Swift, Justin Bieber, dll.

Kepopuleran mereka mungkin bukan hal yang instan untuk didapat, butuh waktu, kesempatan dan keberuntungan, selain tentu bakat dan visual yang mendukung. Misalnya saja BTS dan Blackpink yang mulai mendapat perhatian besar berkat Music Video (MV) mereka yang ditonton jutaan kali di youtube. Belum lagi keduanya juga berkolaborasi dengan musisi luar seperti BTS dengan Steve Aoki, Halsey, dan Nicki Minaj dan kolaborasi Blackpink dengan Dua Lipa dalam sebuah lagu.

Dua idol group ini bisa dibilang masuk pasar music Amerika dengan cara yang hampir sama. Walaupun mungkin tidak dapat dipungkiri BTS dinilai lebih banyak pengalaman dan perjuangan yang cukup panjang. Dengan status BTS sebagai 선배 (seonbae) senior dan Blackpink 후배 (hubae-junior), jelas BTS sudah lebih dahulu melewati masa-masa sulit mereka sesudah debut. Apalagi mereka debut dibawah naungan agensi yang bahkan belum terkenal yaitu Big Hit Entertaiment. BTS-lah yang mengangkat nama agensi mereka hingga seterkenal sekarang.

 

Sedangkan Blackpink atau dalam bahasa Korea (Hangul) 블랙핑크bisa dibilang cukup beruntung dengan masuk di agensi besar seperti YG Entertaiment yang sudah tentu di kenal berkat Big Bang, 2NE1, Winner, Ikon, Akdong musician, dll. Jalan menuju pasar Amerika bisa terbilang cukup mudah bagi Blackpink yang masih dianggap rookie karena baru beberapa tahun ini debut di Korea.

Dengan kemampuan mereka sebagai idol yang serba bisa, baik rapping, vocal, dan dance yang powerfull ditambah visual yang menawan, serta tak lupa kemampuan berbahasa Inggris mereka yang sangat baik (2 member Blackpink yang walaupun asli Korea tetapi lama tinggal di Luar negeri, dan 1 member berasal dari Thailand). Tak heran mengapa tidak butuh waktu lama bagi mereka setelah debut, bisa langsung menuju pasar Amerika.

*Grup beranggotakan 4 orang wanita cantik ini debut pada tanggal 8 Agustus 2016, dengan single mereka berjudul Square One, yang menghasilkan “Whistle,” lagu nomor satu pertama mereka di Korea Selatan. Single “Boombayah” adalah single nomor satu pertama mereka di tangga lagu Billboard World Digital Songs, yang mendapat rekor sebagai video musik debut yang paling banyak ditonton oleh artis Korea.

K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika Black Pink

Blackpink merupakan artis K-pop perempuan yang mempunyai lagu di posisi tertinggi di Billboard Hot 100, berada di nomor 55 dengan “Ddu-Du Ddu-Du”,dan di Billboard 200, berada di nomor 40 dengan EP berjudul Square Up. Perhitungan resmi dari YouTube menghitung “Ddu-Du Ddu-Du” mendapat total 36.2 juta penonton kurang dari 24 jam sesudah rilis dan menjadi video daring yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama oleh artis Korea dan video musik kedua, melewati artis sesama label

K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika 1

Psy dengan “Gentleman” dan dibelakang Taylor Swift dengan “Look What You Made Me Do” pada waktu itu.  https://id.wikipedia.org/wiki/Blackpink

Apalagi dengan lagu terbaru mereka Kill This Love ini , musik videonya sudah mencapai angka yang fantastis untuk viwers di Youtube serta kesuksesan lainnya yang mereka dapatkan dengan album terbaru ini.

https://web.facebook.com/BLACKPINKOFFICIAL/?_rdc=1&_rdr

Berbeda dengan Blackpink, boy group BTS atau Bangtan Seonyeondan (방탄소년단) ini cukup mengalami banyak lika-liku dalam perjalanannya menuju kesuksesan. Jika kita bahas di sini bagaimana perjalanan BTS, tentu saja akan menjadi sebuah cerita yang panjang, jadi kita akan singkat saja pada awal mulanya mereka bisa di kenal di Amerika.

*BTS dengan album Wings (2016) berada di nomor #26 di Billboard 200, yang membuat album dengan posisi tertinggi atas album K-pop. Selanjutnya, Love Yourself: Her (2017), debut di nomor #7 di Billboard 200, peringkat tertinggi oleh artis Asia dalam sejarah. Grup ini juga debut di Billboard Hot 100 untuk pertama kali dengan lagu berjudul sama seperti album, “DNA”, yang masuk peringkat ke #85 dan berada di nomor #67. Album ketiga mereka, Love Yourself: Tear (2018), debut di nomor #1 di Billboard 200, membuat mereka menjadi satu-satunya artis K-Pop yang meraih kesuksesan sejauh ini.

*Pada tanggal 9 November 2018 “Love Yourself: Answer” menjadi album Korea pertama yang disertifikasi Emas (500,000+ unit), dan BTS menjadi grup Korea pertama yang mendapat sertifikasi Platinum (1,000,000+ unit) dengan single berjudul “MIC Drop” di Amerika Serikat. Dikenal dengan pengikut yang besar di media sosial, BTS dimasukkan oleh Forbes sebagai artis yang cuitannya paling banyak dicuit kembali di Twitter pada bulan Maret 2016. Juga di tahun 2016 mereka berada dalam YouTube’s Music Global Top 100: urutan 17 di posisi untuk video, 6 di posisi artis dan 14 di posisi lagu. Pada bulan Mei 2017, mereka memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards, menjadi grup Korea pertama yang memenangkan BBMA. Pada bulan Juni 2017, majalah Time menjadikan mereka sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di internet.

*Tanggal 20 November 2017, Guinness World Records mengungkapkan bahwa BTS mendapatkan sebuah rekor di edisi 2018 mereka sebagai “memiliki keterlibatan Twitter paling banyak di dunia sebagai grup musik”. Dibulan September 2018, BTS memberikan sebuah pidato di United Nations sebagai duta dari UNICEF. Selanjutnya di bulan Oktober 2018, BTS menjadi fitur di sampul majalah Time, dengan judul “Pemimpin Generasi Berikutnya”.

Kalau dibahas semua bisa habis ini tentang BTS aja. Jadi sampai sini pembahasan tentang prestasi BTSnya ya *_*

Sama halnya seperti Blackpink, BTS yang sudah debut cukup lama dan telah mengalami asam garamnya permusikan tentu memiliki banyak skill yang mempuni. Tidak hanya rap yang kuat, dance yang rumit namun tetap bertenaga, Vocal yang (lembut, berat, dan selaras) ini juga ditunjang kemampuan menulis lirik lagu, mengaransemen musiknya, serta mensutradarai music video mereka sendiri. Hampir bisa dipastikan setiap member memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan salah satu member BTS yaitu RM (Rap Monster) a.k.a Kim Nam Joon ini dalam berbahasa Inggris. Tidak hanya sangat baik dalam musik dan bahasa, RM sebagai seorang leader dinilai memiliki kecerdasan di atas rata-rata yang mampu menjadi seorang translator atau interpreter yang baik bagi groupnya.

Sebenarnya masih banyak idol Korea yang populer, seperti EXO, Twice, Red velvet, GOT7, NCT, MONSTA X, dll. Namun, bisa dibilang target market mereka sepertinya hanya menyasar wilayah Asia secara keseluruhan misalnya saja China dan Jepang serta hampir seluruh wilayah Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philippines) yang telah mereka kuaasi. Jika balik lagi ke masa lalu, era K-pop mungkin terkenal berkat Super Junior (Sorry Sorry), SNSD (Gee), dan Wonder Girls (Nobody) sebagai generasi ke 2 per K-popan.

Sebelum BTS dan Blackpink, sebenarnya K-pop pernah masuk ke pasar Amerika berkat lagu Nobody dari Wonder Girls. Lagu Nobody inilah yang menjadi titik awal dari K-pop yang mulai di kenal di Amerika. Setelahnya musik Korea hanya menguasai wilayah Asia dan tidak terlalu bergaung di Amerika. (Ini bukannya artis lainnya ngga terkenal ya, tapi dari perspektif saya belum ada yang ngeboom banget setelahnya)

Beberapa tahun kemudian, muncul sosok PSY sebagai seorang Solois asal Korea Selatan yang mencuri perhatian dunia. Lagu PSY yang berjudul Gangnam Style ini benar-benar membuat semua orang menyanyikan dan menarikan lagu ini. Music videonya di youtube bahkan menduduki peringkat 1 sepanjang sejarah (pada waktu itu) sebagai video yang paling banyak di tonton. Hal ini mungkin tidak terlepas dari gerakan dancenya yang dianggap lucu dan menghibur, music videonya juga dianggap menyenangkan.

Nah bisa dibilang sekarang adalah waktunya generasi ke 3 seperti BTS dan Blackpink ini untuk melebarkan sayapnya di pasar Amerika. Mungkin tidak hanya kedua group tersebut saja yang bisa sukses di Amerika. Grup lainnya tentu saja  ingin mencapai kesuksesan yang sama seperti kedua group ini. Yang perlu di ingat adalah, untuk menjadi seperti BTS dan Blackpink ini diperlukan usaha dan kesabaran, karena jalan menuju kesuksesan tidak akan pernah mudah.

Bagi yang bertanya-tanya atau mungkin mengkritik, ini idol gue juga masuk pasar Amerika kok ngga di tulis. Mianhae ya, ngga mungkin di tulis semua juga nanti malah jadi nulis novel atau biografi artis.

2 thoughts on “K-pop Lebarkan Sayap ke Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *